portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Aksan Jaya Putra Lebih Unggul dalam Survei Pilwalkot Kendari 2024 Dibandingkan dengan Siska Karina dan Sitya Giana

Aksan Jaya Putra Lebih Unggul dalam Survei Pilwalkot Kendari 2024 Dibandingkan dengan Siska Karina dan Sitya Giana

FAJAR.CO.ID, KENDARI — Siapa yang paling berpeluang untuk memenangkan kursi Wali Kota Kendari pada pemilihan wali kota November 2024 mendatang sedikit terkuak.

Bocoran survei opini publik Kota Kendari yang dilakukan oleh Indikator menyebutkan Aksan Jaya Putra (AJP) unggul jauh atas dua pesaing terdekatnya, Siska Karina Imran (SKI) dan Sitya Giana Nur Alam (SGA).

Dalam slide survei yang dilaksanakan pada tanggal 3-11 Mei 2024, menampilkan simulasi elektabilitas tiga kandidat. AJP berhasil memimpin jauh dengan selisih signifikan hingga 15 persen.

Aksan yang diprediksi oleh sejumlah pihak bakal memenangkan Pilwalkot Kendari mencatat elektabilitas di angka 35,8 persen, disusul SKI 19,1 dan SGA 18,2 persen. Sementara mereka yang belum menentukan jawaban dan pilihan berada di angka 26,9 persen.

Pihak Indikator belum memberikan konfirmasi terkait hasil survei yang sedang hangat menjadi perbincangan di media sosial sejak Senin malam, 13 Mei 2024.

Menurut pengamat politik, Andi Taufiq Aris (ATA), bocoran ini bukan sesuatu yang mengejutkan. Keunggulan AJP memang sudah banyak diprediksi oleh sejumlah kalangan.

“Salah satu variabel utama AJP bisa mendominasi dalam elektabilitas karena dinilai sebagai salah satu kandidat yang paling siap. Baik soal ketersediaan dukungan partai, sampai kesiapan finansial,” ujar Direktur Mitra Demokrasi Indonesia itu pada Rabu, 15 Mei 2024.

Belakangan ini, AJP memang salah satu kandidat yang sudah mengantongi Surat Keputusan (SK) sebagai Bakal Calon Wali Kota dari Golkar. Hal ini membuat persepsi publik bahwa AJP akan maju. Terutama karena dia menjadi satu-satunya yang direkomendasikan oleh DPD II Golkar Kota Kendari.

Exit mobile version