portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Bertemu Appi: Relawan Gerakan 3M Mendorong Dukungan Pemuda dan Masyarakat Toraja untuk MULIA

Bertemu Appi: Relawan Gerakan 3M Mendorong Dukungan Pemuda dan Masyarakat Toraja untuk MULIA

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dukungan untuk Munafri Arifuddin-Aliyah Mustika Ilham (Appi-Aliyah), calon Walikota Makassar, terus mengalir.

Kali ini datang dari pemuda dan masyarakat yang tergabung dalam gerakan Mulia Menuju Makassar (3M) di kampung Rama, Kecamatan Panakukkang, yang mayoritas dihuni oleh warga Toraja.

“Komunitas 3M? Ya, rumah ini digunakan sebagai posko pergerakan atau rumah bersama. Kami memanfaatkan tempat ini untuk mendukung pak Appi dan bu Aliyah,” ujar Wendy Tikupadang, koordinator (3M), setelah melakukan silaturahmi dengan tokoh pemuda dan masyarakat di kompleks tersebut, Sabtu (31/8/2024) malam.

Dukungan dari masyarakat non-muslim tentu menjadi motivasi tambahan bagi Appi-Aliyah untuk terus meningkatkan elektabilitas dan memenangkan Pilwali pada 27 November mendatang.

Terbentuknya komunitas ini juga melibatkan pemuda, aktivis, dan tokoh pemuda lainnya di kampung Rama.

Dalam tradisi setempat, ketika ada pesta Pilkada dan ada calon yang didukung, maka calon tersebut akan diundang ke rumah untuk berdiskusi dengan tokoh-tokoh di kompleks tersebut, baik orang tua maupun anak muda, mengenai keluhan warga yang perlu diselesaikan.

Selain itu, strategi dan gerakan apa yang perlu dilakukan untuk memenangkan Pilkada juga dibahas dan tim akan dipantapkan. Setelah tim terbentuk, melalui penguatan dengan tokoh-tokoh tersebut akan dilakukan pergerakan yang lebih luas.

“Kami melihat bahwa pak Appi peduli dan mampu menjaga toleransi, oleh karena itu kami mendukungnya. Ada banyak komunitas yang berkumpul di sini dan kami bersatu dalam gerakan ini,” ujar Wendy.

Exit mobile version