portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Appi dan Indira Sama-sama di SSI, Pengamat: Surveinya Sudah Kadaluwarsa

Appi dan Indira Sama-sama di SSI, Pengamat: Surveinya Sudah Kadaluwarsa

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Menjelang Pendaftaran calon pilkada serentak 2024 yang dimulai pada 27 Agustus ini, beberapa lembaga survei telah merilis hasil survei untuk calon wali kota Makassar.

Hasil survei terbaru dari Script Survei Indonesia (SSI) mengenai elektabilitas calon wali kota Makassar menunjukkan bahwa Ketua Golkar Makassar, Munafri Arifuddin, menduduki peringkat pertama dengan persentase 19,17%. Di posisi kedua terdapat Indira Yusuf Ismail dengan persentase 18,67% dan Andi Seto Asapa dengan 3,17%.

Dalam survei tersebut, Indira dan Appi bersaing ketat mengingat perbedaan hasil survei keduanya hanya 0,50%. Meskipun terdapat beberapa indikator yang perlu dipertanyakan.

Menanggapi hal ini, Pengamat politik dan konsultan Pilkada, Dedi Alamsyah Mannaroi, menyebutkan bahwa masa berlaku survei hanya satu bulan. Jika melewati batas waktu riset, maka disebut kedaluwarsa. Terlebih lagi, informasi dari hasil survei SSI didapatkan sejak awal Juli tetapi baru dipublikasikan pada bulan Agustus.

Dari hasil survei SSI, terlihat bahwa Indira, istri Wali Kota Makassar Danny Pomanto, mendapat dukungan yang kuat. Namun, dari matriks yang beredar, masih terdapat Undecided voters yang tinggi mencapai 51,33%.

Meskipun begitu, Dedi menilai bahwa survei saat ini sangat dinamis. Terutama dalam politik yang selalu berubah setiap saat, angka survei dalam satu bulan dapat berubah. Bahkan menjelang pemilihan, pemilih pun dapat berubah.

Exit mobile version