portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Selama Setahun Terakhir, Ini Lima Hal yang Membuat Jokowi Kaget

Selama Setahun Terakhir, Ini Lima Hal yang Membuat Jokowi Kaget

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Presiden Joko Widodo beberapa kali mengaku kaget dengan keadaan Indonesia yang kini di pimpinnya.

Akun Tiktok bernama @virdianaurellio merangkum lima hal yang membuat Jokowi melihat hal tersebut.

“Series top 5 kali ini kita akan bahas top five jokowi kaget dalam satu tahun terakhir,” katanya dikutip Sabtu (15/6/2024).

1.Rasio Pendidikan Rendah

Pertama adalah Jokowi mengaku kaget dengan rendahnya rasio penduduk berpendidikan pascasarjana terhadap populasi produktif di Indonesia.

Dibandingkan dengan Malaysia dan Vietnam angka di Indonesia hanya 0,45 persen, Malaysia 2,40 persen. Sementara dinegara-negara maju sudah mecapai 9,8 persen.

Hal itu disampaikan Jokpwi dalam acara pembukaan Konvensi Kampus XXIX dan Temu Tahunan XXV Forum Rektor Indonesia di Surabaya, Jawa Timur, Senin (15/1/2024) lalu.

2.Harga Bawang Putih

Jokowi juga kaget saat mengetahui harga bawang putih menembus angka Rp 60 ribu per kilogram. Saat itu, dirinya melakukan kunjungan kerja ke Sulawesi Tengah.

Blusukan ke Pasar Salakan, Kabupaten Banggai Kepulauan, Jokowi menemukan harga bawang putih yang bernilai tinggi.

3.Rasio Dokter Di Indonesia

Lagi-lagi presiden dua periode ini kaget saat mengetahui rasio dokter di Indonesia menjadi yang ketiga paling bawah se-ASEAN.

Rasio dokter dibandingkan dengan penduduk di Indonesia 0,47:1.000 sekaligus menjadi peringkat 147 dunia.

Hal ini diungkap Jokowi saat hadir dalam peluncuran Pendidikan Dokter Spesialis berbasis Rumah Sakit Pendidikan sebagai Penyelenggara Utama di halaman Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita, Kota Jakarta Barat, Senin (6/5/2024).

Exit mobile version