portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto

Bappebti Melakukan Pemblokiran terhadap 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi yang Tidak Sah

Bappebti Melakukan Pemblokiran terhadap 1.855 Situs Internet Entitas Perdagangan Berjangka Komoditi yang Tidak Sah

Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) telah memblokir 1.855 situs web entitas perdagangan berjangka komoditi ilegal selama tahun 2023. Tindakan pemblokiran tersebut dilakukan untuk melindungi masyarakat dari potensi kerugian dan untuk memberikan kepastian hukum bagi para pelaku usaha di bidang Perdagangan Berjangka Komoditi (PBK).

Kepala Bappebti, Kasan, menegaskan bahwa penawaran kegiatan PBK ilegal masih sering terjadi di Indonesia melalui berbagai media, termasuk media sosial, situs web, dan aplikasi ponsel pintar. Masyarakat diimbau untuk berhati-hati terhadap penawaran dari pihak yang tidak bertanggung jawab.

Bappebti secara rutin melakukan upaya preventif dan represif untuk mencegah masyarakat dari modus penipuan dan potensi kerugian dalam kegiatan perdagangan berjangka komoditi ilegal. Masyarakat juga diharapkan untuk aktif melaporkan kegiatan ilegal di bidang PBK kepada Bappebti.

Aldison, Kepala Biro Peraturan Perundang-undangan dan Penindakan, menegaskan bahwa setiap entitas yang melakukan kegiatan PBK di Indonesia harus memiliki izin dari Bappebti dan patuh pada peraturan yang berlaku. Entitas ilegal yang tidak memiliki izin akan diambil langkah hukum sesuai ketentuan yang berlaku.

Situs web perdagangan berjangka komoditi ilegal yang diblokir oleh Bappebti dapat dinormalkan jika pemilik situs tersebut beritikad baik untuk mengurus perizinan. Langkah ini diambil untuk membina entitas ilegal agar patuh pada peraturan dan menciptakan iklim persaingan usaha yang sehat.

Aldison juga menyarankan masyarakat untuk selalu memastikan legalitas perusahaan sebelum melakukan transaksi dalam PBK dan tidak tergiur dengan iming-iming keuntungan besar dalam waktu singkat. Informasi mengenai legalitas pelaku usaha di bidang PBK dapat diakses melalui situs web resmi Bappebti.

Sumber: https://nasional.tempo.co/read/1829956/bappebti-blokir-1-855-situs-internet-entitas-perdagangan-berjangka-komoditi-ilegal

Source link

Exit mobile version