portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Megawati Usulkan Pertukaran Posisi dengan Puan Maharani: Candaan atau Sinyal Serius?

Megawati Usulkan Pertukaran Posisi dengan Puan Maharani: Candaan atau Sinyal Serius?

Ketua DPP PDI Perjuangan (PDIP), Said Abdullah, menegaskan bahwa dalam internal PDIP, ucapan Megawati Soekarnoputri yang mengusulkan pertukaran posisi ketua umum dengan Puan Maharani pada pembukaan Rakernas V, Jumat (24/5), dianggap sebagai candaan belaka.

“Ya kalau celetukan-celetukan seperti itu dianggap sinyal, bagi internal kami itu bukan sinyal. Ibu Ketua Umum (Megawati) itu suka bercanda,” ungkap Said di Beach City International Stadium, Ancol, Jakarta, Sabtu, dikutip dari ANTARA.

Menurut Said, ucapan Megawati hanya merupakan lelucon spontan yang tidak bisa diartikan secara langsung bahwa Puan Maharani akan menggantikan posisinya sebagai ketua umum PDIP.

Dia menegaskan bahwa pergantian ketua umum selalu terjadi dalam kongres partai.

“Bahwa Ibu Ketua Umum dalam pembukaan kemarin, ‘Mbak Puan jadi ketua umum, gantian Ibu Ketua Umum yang ke luar negeri’, itu kan lepasan-lepasan dari Bu Ketua Umum. Tidak bisa kita tangkap langsung bahwa nanti penggantinya Puan. Itu bukan sikap ketua umum karena biasanya setiap hal-hal strategis menyangkut internal partai, Ibu Ketua Umum meletakkannya dalam forum kongres partai,” terangnya.

Said menjelaskan bahwa kongres partai direncanakan akan diselenggarakan pada April 2025. Proses kongres, katanya, dimulai dari tingkat ranting, anak ranting, Dewan Pengurus Cabang (DPC), Dewan Pengurus Daerah (DPD), hingga tingkat nasional.

Mengenai kemungkinan nama lain yang akan menggantikan Megawati dari posisi ketua umum, Said menyatakan bahwa sulit untuk menemukan figur pengganti Presiden Kelima RI tersebut.

Exit mobile version