portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kisah ‘Yaum al-Harroh’: Ketika Penguasa Membunuh Moralnya Demi Singgasana

Kisah ‘Yaum al-Harroh’: Ketika Penguasa Membunuh Moralnya Demi Singgasana

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Meskipun Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 telah berakhir dan Prabowo-Gibran diumumkan sebagai pemenang, tampaknya upaya penguasa yang dianggap turut membantu pasangan ini untuk memenangkan masih menjadi topik yang tak kunjung selesai.

Hal ini terlihat dari tulisan Direktur Eksekutif Jaringan Moderat Indonesia (JMI), Islah Bahrawi, di aplikasi X. Meskipun tanpa menyebut nama, tapi isi tulisannya bisa membuat pembaca dapat menyimpulkan arahnya dengan sangat jelas.

“Penduduk Madinah di bagian timur laut menolak untuk mengakui Yazid bin Muawiyah sebagai pemimpin. Alasannya: kepemimpinan dalam Islam harus disetujui oleh seluruh Perwakilan Rakyat, bukan kekuasaan yang diwariskan dari Bapak kepada Anak. Selain itu, Yazid dianggap tidak pernah melaksanakan Syari’at Islam,” tulis Islah, dikutip Jumat (26/4/2024).

Yazid murka mendengarnya. Penyerbuan besar-besaran dipersiapkan. Pasukan pemerintah dipimpin oleh Muslim bin Uqbah dengan kekuatan 12.000 pasukan. Hasilnya: ratusan sahabat Nabi dan sekitar 10.000 warga Madinah terbunuh. Perang itu dikenal dengan “Yaum al-Harroh”, terjadi pada 26 Agustus 683.

Dalam catatan sejarawan Islam As-Samhudi (844-911), disebutkan sekitar 1000 anak haram lahir akibat pemerkosaan oleh tentara Yazid terhadap kaum perempuan tak bersuami setelah pertempuran itu.

Catatan Awana ibnu al-Hakam al-Kalbi (764) menceritakan brutalitas lainnya. Muslim bin Uqbah mengumpulkan tokoh-tokoh Madinah di masjid Quba untuk memaksa mereka berbai’at kepada khalifah Yazid. Beberapa tokoh suku Quraisy ditebas saat itu juga karena menolak, termasuk di antaranya seorang ulama bernama Ma’qil ibnu Sinan al-Ashja’i.

Exit mobile version