portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka, Jubir AMIN Buka Isu Licik ke Anies Baswedan

Ketua KPK Firli Bahuri Tersangka, Jubir AMIN Buka Isu Licik ke Anies Baswedan

Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri telah resmi ditetapkan sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL).

Juru Bicara Paslon Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN), Geisz Chalifah ikut berkomentar atas penetapan Firli Bahuri sebagai tersangka. Geisz menulis di akun media sosialnya, “Kini Ketua KPK Firli Bahuri Ditetapkan Jadi Tersangka Pemerasan SYL!,” pada Kamis (23/11/2023).

Dia juga mengungkit upaya Ketua KPK itu melakukan pemeriksaan terhadap Anies dalam dugaan korupsi di Formula E. “Anies ingin ditersangkan dengan cara yang meng-ada-ada. Lebih 9 jam diperiksa. Jutaan orang dari tempat yang sunyi berdoa agar Anies terhindar dari kezholiman. Mereka Melantunkan sholawat Asygil,” ungkapnya.

Penetapan tersangka Ketua KPK dilakukan penyidik usai gelar perkara. “Menetapkan Saudara FB selaku Ketua KPK RI sebagai tersangka,” kata Dirreskrimsus Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Safri Simanjuntak kepada wartawan pada Rabu (22/11).

Penetapan tersangka juga berdasarkan hasil pemeriksaan 91 saksi serta penggeledahan di dua lokasi, yakni rumah Jalan Kertanegara Nomor 46, Jakarta Selatan, dan rumah Gardenia Villa Galaxy, Bekasi Selatan. Selain itu, penyidik juga telah melakukan penyitaan terhadap barang bukti berupa data elektronik dan bahan elektronik, serta dokumen penukaran vallas dalam pecahan SGD dan USD dari beberapa outlet money changer dengan nilai total Rp 7,4 miliar sejak bulan Februari 2021 sampai September 2023.

Exit mobile version