portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Perebutan Kursi DPR Dapil Sulsel I: Riset Nurani Strategic Menempatkan Hamka B Kady di Posisi Teratas

Perebutan Kursi DPR Dapil Sulsel I: Riset Nurani Strategic Menempatkan Hamka B Kady di Posisi Teratas

Direktur Lembaga Riset Nurani Strategic, Nurmal Idrus mengatakan bahwa hanya beberapa petahana DPR RI di Pemilihan Umum Daerah (Dapil) Sulawesi Selatan I yang masih dianggap kuat. Hal ini berdasarkan pemetaan klaster partai politik dan peluang perolehan suara kursi.

Menurutnya, klaster pertama yang terdiri dari Golkar, Gerindra, dan Nasdem, cukup sulit untuk ditumbangkan. Petahana dari klaster ini dianggap masih sangat kuat, terutama dari Golkar dan Gerindra. Sementara itu, Nasdem saat ini tidak memiliki petahana yang bertarung kembali.

Lebih lanjut, Nurmal mengatakan bahwa untuk klaster kedua, terdapat Demokrat dan PPP, sementara klaster ketiga terdiri dari PDIP, PAN, dan PKB. Meskipun demikian, komposisi dari klaster ini masih satu kursi untuk satu partai, kecuali Gerindra yang memiliki peluang mendapatkan dua kursi.

Nurmal juga menyebut bahwa petahana dari Gerindra dan PKB perlu mendapat perhatian khusus, sedangkan petahana lainnya dianggap relatif aman. Namun, mereka masih dianggap di bawah Hamka B Kady.

Selain itu, dari Nasdem, tidak ada petahana yang bersaing. Namun, terdapat tiga kandidat yang bersaing, yaitu Fatmawati Rusdi, Rudianto Lallo, dan Ahmad dg Serre. Nurmal menambahkan bahwa prediksi mengenai ketiga nama ini masih sulit dilakukan karena mereka semua aktif bekerja.

Exit mobile version