portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kaji Keberadaan Aparat, Jazilul Fawaid Sebut Lembaga Negara Terhambat Gangguan Alam

Kaji Keberadaan Aparat, Jazilul Fawaid Sebut Lembaga Negara Terhambat Gangguan Alam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Netralitas aparat belakangan ini telah menjadi sorotan di tengah proses pemilihan presiden (pilpres) 2024 berlangsung. Banyak pihak berharap agar aparat negara benar-benar menjaga netralitasnya.

Anggota Komisi III DPR RI, Jazilul Fawaid pun mengingatkan aparat keamanan untuk tegas bersikap netral dan jujur dalam menghadapi Pemilu 2024. Ia menekankan, netralitas tidak hanya pada perkataan, tetapi juga pada perbuatan.

“Kita mau membicarakan pemilu damai, jika ada perbedaan antara kata dan perbuatan, kita katakan netral, maka kita harus benar-benar netral, jika kita ingin jujur, maka kita harus benar-benar jujur, bukan hanya sekedar berbicara jujur,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Kamis (16/11).

Wakil Ketua Umum PKB ini menyebutkan bahwa lembaga negara saat ini tengah mengalami gangguan terkait netralitas. Oleh karena itu, diperlukan keteladanan dalam bersikap netralitas.

“Nah itu butuh keteladanan, dan menurut saya ini merupakan masalah institusi politik hari ini, menurut saya mengalami gangguan. MK, mungkin juga MPR, DPR, KPK, BPK, termasuk juga lembaga kepresidenan,” ucap Jazilul.

Ia mengumpamakan, sangat sulit membedakan Presiden sebagai kepala negara dan kepala pemerintahan, sekaligus pada saat yang sama menjadi kepala keluarga. Ia pun menyinggung putusan Mahkamah Konstitusi (MK) yang sempat kental nuansa konflik kepentingan.

“Makanya kalau di lembaga kehakiman itu tidak boleh dia memutus perkara berkaitan dengan anak atau ikatan kekeluargaan. Karena memang apapun hasilnya seandainya kemarin tok, tidak diberi misalkan ditolak oleh MK, tetap tuduhan itu akan sampai,” pungkas Jazilul. (jpg/fajar)

Exit mobile version