portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Gaji Rendah Disebut Anies sebagai Penyebab Korupsi; Ferdinand: Ini Menyiratkan Semua ASN Terlibat Korupsi

Gaji Rendah Disebut Anies sebagai Penyebab Korupsi; Ferdinand: Ini Menyiratkan Semua ASN Terlibat Korupsi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA– Kader PDIP Ferdinand Hutahaean menilai bahwa tuduhan terhadap calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan terkait pernyataannya yang menunjukkan bahwa salah satu penyebab korupsi adalah rendahnya gaji Pegawai Negeri Sipil (PNS) atau Aparatur Sipil Negara (ASN) adalah tidak pantas.

Menurut Ferdinand, pernyataan Anies Baswedan tersebut seolah-olah menuduh bahwa semua PNS terlibat dalam tindakan korupsi karena rendahnya gaji yang mereka terima dari negara setiap bulannya.

“Menurut saya, pernyataan ini mengandung tuduhan seolah-olah semua ASN terlibat dalam korupsi. Apakah ini berarti Anies menuduh?” ujar politikus PDIP tersebut dikutip dari akun X pribadinya, Kamis (26/10).

Sebelumnya, calon presiden dari Koalisi Perubahan Anies Baswedan menyatakan bahwa salah satu penyebab korupsi di Indonesia adalah rendahnya gaji PNS.

Menurutnya, dengan gaji yang rendah, para pegawai negeri sulit untuk bertahan hidup.

Anies menegaskan bahwa salah satu prioritasnya jika terpilih menjadi kepala negara adalah memberantas korupsi, dan saat ini menurutnya KPK masih fokus menangani kasus-kasus korupsi yang besar.

“Ada tiga alasan mengapa korupsi terjadi, pertama adalah karena kebutuhan. Banyak pegawai pemerintah (atau PNS) yang menerima gaji yang sangat rendah sehingga mereka tidak bisa bertahan,” kata Anies dalam US-Indonesia Investment Summit di Hotel Mandarin Oriental, Selasa (24/10).

“Ini menjadi perhatian kita. Pegawai Pemprov Jakarta harus memiliki kesempatan yang sama dengan rekan mereka di sektor swasta, sehingga korupsi kecil yang merugikan masyarakat dapat diatasi,” tambahnya.

Exit mobile version