portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kenang SBY Membantu Khofifah di Jatim, Nurdin Halid: Biasa Jokowi Berikan Bantuan Pilkada Jika Diminta

Kenang SBY Membantu Khofifah di Jatim, Nurdin Halid: Biasa Jokowi Berikan Bantuan Pilkada Jika Diminta

Wakil Ketua Umum DPP Golkar AM, Nurdin Halid memberikan tanggapan terkait isu koalisi 4 partai politik ditambah Presiden Jokowi untuk mendukung pemenangan pilkada serentak 2024. Keempat partai yang dikabarkan sedang menjajaki koalisi tersebut adalah Gerindra, Golkar, PAN, Demokrat, ditambah dengan Presiden Jokowi.

Nurdin Halid menyatakan bahwa Golkar tidak mengenal konsep koalisi 4 partai politik ditambah Presiden Jokowi.

Namun, Nurdin Halid mengakui bahwa Koalisi Indonesia Maju solid dalam mendukung pemerintahan Jokowi, serta akan mendukung kelangsungan pemerintahan di bawah kepemimpinan Prabowo Subianto.

“Kami tidak mengenal konsep koalisi 4 partai politik ditambah Presiden Jokowi, baik secara formal maupun informal. Yang kami ketahui adalah bahwa keempat partai dalam Koalisi Indonesia Maju mendukung pemerintahan Pak Jokowi hingga berakhirnya masa jabatannya, dan mendukung kelanjutan pembangunan di bawah kepemimpinan Pak Prabowo,” kata Nurdin Halid kepada wartawan pada hari Selasa (25/6/2024).

Meskipun demikian, Nurdin Halid menilai bahwa Jokowi memiliki daya tarik politik yang kuat bersama rakyat di akhir masa jabatannya. “Itu adalah fakta bahwa Pak Jokowi memiliki kekuatan politik tersendiri,” kata Nurdin Halid.

Nurdin Halid menyebut bahwa wajar jika partai-partai dalam Koalisi Indonesia Maju meminta masukan, saran, atau bantuan kepada Jokowi untuk pemenangan pilkada di berbagai daerah. “Konsultasi kepada Pak Jokowi sebagai presiden maupun individu adalah hal yang wajar, karena sejak era reformasi terutama dalam pemilihan langsung, para pemegang kekuasaan ikut serta dalam kontestasi politik, apakah itu saudara, anak, atau pasangan yang diizinkan oleh undang-undang dan diinginkan oleh rakyat,” ujar Nurdin Halid.