portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Didik 1.000 Anak dari Gaza Melalui Gagasan Khofifah tentang Ponpes di Jawa Timur

Didik 1.000 Anak dari Gaza Melalui Gagasan Khofifah tentang Ponpes di Jawa Timur

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Presiden terpilih untuk periode 2024-2029, Prabowo Subianto, menyambut usulan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa untuk menggunakan pondok pesantren di Jawa Timur sebagai tempat pendidikan bagi anak-anak dari Gaza, Palestina.

Prabowo mengatakan bahwa ia akan membawa gagasan tersebut kepada Presiden RI Joko Widodo.

“Khofifah memiliki gagasan untuk menawarkan agar Jawa Timur bersedia menerima 1.000 anak Palestina dan beberapa ibu yang mungkin mengalami trauma, untuk sementara waktu dididik di pesantren-pesantren Jawa Timur,” kata Prabowo di rumahnya pada Jumat (7/6) ketika menerima kunjungan Khofifah beserta Emil Dardak.

Khofifah juga menyatakan bahwa pesantren-pesantren di Jawa Timur siap menerima dan mendidik anak-anak dari Gaza. Dia percaya bahwa adaptasi tidak akan sulit karena penggunaan bahasa Arab yang umum digunakan di lingkungan pesantren.

“InsyaAllah semuanya berbasis pesantren, terutama karena mereka bisa berbahasa Arab, jadi komunikasi tidak akan menjadi masalah. Kami akan melakukan yang terbaik yang kami bisa,” kata Khofifah.

Prabowo juga menegaskan bahwa Indonesia akan mendukung gencatan senjata dalam konflik yang terjadi di Ukraina dan Palestina. Dia juga menjelaskan bahwa Indonesia siap untuk mengirim pasukan perdamaian dan melakukan evakuasi warga yang terkena dampak konflik di Gaza, Palestina.

“Indonesia sangat mendukung kemerdekaan rakyat Palestina,” ujar Prabowo.

Selain itu, Prabowo mengatakan bahwa dia telah diberi mandat oleh Presiden Joko Widodo untuk mengambil langkah-langkah konkret dalam membantu warga Gaza.