portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Partai Amanah Nasional (PAN) merekomendasikan tiga calon gubernur untuk Pemilihan Gubernur Banten 2024

Partai Amanah Nasional (PAN) merekomendasikan tiga calon gubernur untuk Pemilihan Gubernur Banten 2024

FAJAR.CO.ID, BANTEN — Partai Amanat Nasional (PAN) telah memberikan rekomendasi kepada tiga bakal calon gubernur dalam rangka Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Banten tahun 2024.

Wakil Ketua Umum PAN, Yandri Susanto, mengungkapkan bahwa partainya akan mengeluarkan keputusan resmi mengenai calon yang akan diusung bersama partai koalisinya pada akhir Juni atau awal Juli 2024.

Tiga nama yang direkomendasikan oleh PAN untuk Pilgub Banten adalah Airin Rachmi Diany, Achmad Dimyati Natakusumah, dan Arief Wismansyah.

Yandri menegaskan bahwa PAN sangat serius dalam memenangkan Pilgub dan Pilkada di kabupaten/kota Banten, serta memperhatikan koalisi yang akan terbentuk, baik dengan partai-partai yang sama seperti dalam Pilpres 2024 atau pun dengan partai lain.

Banten, bebernya, merupakan salah satu fokus utama DPP PAN. Tak hanya itu, partainya terbuka terhadap berbagai kemungkinan koalisi. Yang penting, lanjut dia, calon yang diusung hasil dari evaluasi menyeluruh bersama, sehingga dapat memenangkan kontestasi.

“PAN terbuka dengan Koalisi Indonesia Maju (KIM), di luar oke. Yang penting partai yang diusung hasil evaluasi menyeluruh dengan kami sehingga bisa memenangkan kontestasi,” katanya, dikutip dari ANTARA.

PAN sendiri telah memperoleh 7 kursi dalam Pemilihan Legislatif 2024, yang akan menjadi bagian dari koalisi Pilgub Banten. (*)

Kendati demikian, batas minimal untuk mengusung calon gubernur adalah sebanyak 20 kursi, yang akan menjadi pertimbangan penting dalam pembentukan koalisi mendukung calon tertentu pada Pilgub Banten mendatang. (*)