portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Siti KDI Peduli Budaya Mandar Sejak Remaja, Unggul dalam Bernyanyi Lagu Mandar

Siti KDI Peduli Budaya Mandar Sejak Remaja, Unggul dalam Bernyanyi Lagu Mandar

FAJAR.CO.ID, POLMAN – Ternyata Siti Rahmawati alias Siti KDI sangat ahli dalam menyanyikan lagu-lagu Mandar. Meskipun lahir dan besar di luar tanah Mandar, Siti mampu menyanyikan lagu-lagu dengan lirik bahasa nenek moyangnya.

Salah satu lagu berbahasa Mandar yang pernah dinyanyikan oleh Siti Rahmawati adalah “Puang Pammase”, lagu yang diciptakan oleh M Subky Fattah.

“Puang Pammase” adalah lagu tradisional dari suku Mandar yang memiliki makna yang dalam. Lagu ini mengandung pesan-pesan kebijaksanaan dan petuah dari nenek moyang atau orang bijak di Mandar.

Lagu Puang Pammase menceritakan tentang pesan atau wasiat dari nenek moyang atau orang bijak terdahulu di Mandar. Isinya mencakup nilai-nilai keagamaan, moral, pendidikan, dan budaya masyarakat.

Lagu ini menggambarkan sifat sejati manusia, memiliki akal, harga diri, dan berperilaku sopan.

Puang Pammase mengajarkan tentang pentingnya memahami mana yang baik dan buruk menurut ajaran Islam dan tradisi adat. Lagu ini terus dilestarikan dan memiliki makna yang relevan hingga saat ini.

Siti membawakan lagu ini pada tahun 1997 ketika dia masih duduk di kelas 1 SMA dan belum mengikuti Kontes Dangdut Indonesia (KDI).

Lagu ini ditayangkan di televisi lokal di Makassar ketika wilayah Sulbar masih bagian dari Sulsel. Lagu itu sempat populer pada saat itu.

Siti menyanyikan lagu dengan lancar. Dia belajar cara pengucapan bahasa Mandar dari ayahnya, HM. Idris Makmun yang berasal dari Desa Karama, Kecamatan Tinambung, Kabupaten Polewali Mandar (Polman).