portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Jokowi Mengatakan Ibu Kota Baru akan Menyediakan Sekolah dengan Kualitas yang Unggul

Jokowi Mengatakan Ibu Kota Baru akan Menyediakan Sekolah dengan Kualitas yang Unggul

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ibu kota negara baru Indonesia yang bernama Nusantara yang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, Provinsi Kalimantan Timur, yakni di Kecamatan Sapaku, sedang menyiapkan sekolah berkualitas unggul.

Presiden Joko Widodo mengungkapkan bahwa penyiapan sekolah berkualitas unggul di Kota Nusantara dilakukan dengan melakukan revitalisasi SD Negeri 020 yang berada di Kecamatan Sepaku agar memiliki kualitas yang lebih baik.

Revitalisasi SD Negeri 020 yang berada di Desa Bumi Harapan, Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, dilakukan langsung oleh Astra melalui Yayasan Pendidikan Astra-Michael D. Ruslim (YPA-MDR).

“Kami mengapresiasi YPA-MDR yang turun langsung untuk melakukan revitalisasi sekolah guna meningkatkan kualitas pendidikan,” kata Presiden Jokowi usai meresmikan dimulainya pengerjaan peningkatan SD Negeri 020 Kecamatan Sepaku tersebut.

Direktur Astra Gita Tiffani Boer mengatakan bahwa upaya meningkatkan SD Negeri 020 Kecamatan Sepaku bertujuan agar sekolah tersebut menjadi sekolah unggul, cerdas, dan berkelanjutan. Dengan demikian, diharapkan ekosistem pendidikan sekolah dasar yang berkualitas di Kota Nusantara dapat dipercepat.

Revitalisasi SD Negeri 020 Kecamatan Sepaku meliputi pembangunan ruang terbuka hijau, laboratorium ilmu pengetahuan, laboratorium komputer, dan perpustakaan digital. Selain itu, juga dilengkap fasilitas olahraga agar dapat mendukung perkembangan fisik dan intelektual siswa.

Rancangan atap gedung SD Negeri 020 di Kecamatan Sepaku terinspirasi dari bentuk Rumah Adat Lamin, yang merupakan ciri khas rumah di Kalimantan Timur.