portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Potensi Wisata Religi Haul Akbar Syekh Yusuf yang Dapat Menyentuh Seluruh Dunia

Potensi Wisata Religi Haul Akbar Syekh Yusuf yang Dapat Menyentuh Seluruh Dunia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mantan walikota Makassar periode 2004-2014, Ilham Arief Sirajuddin (IAS) menegaskan besarnya potensi Haul Akbar Syekh Yusuf Al Makassary Al Bantany sebagai destinasi wisata religi yang berskala internasional.

“IAS mengatakan kepada wartawan di Makassar pada hari Minggu, 26 Mei 2024 bahwa ini adalah peluang wisata yang dapat memberikan efek berganda bagi Sulsel, terutama Makassar.

IAS kemudian mengutip contoh perayaan Haul KH Muhammad Zaini Abdul Ghani Al-Banjari atau Haul Guru Sekumpul, di Banjar, Kalsel, yang diperingati setiap tahun.”Haul tersebut menjadi daya tarik wisata religi yang membuat Banjar, Kalsel terkenal di seluruh dunia. Ratusan ribu orang berkumpul dari seluruh Indonesia dan dunia. Dengan keilmuan Syekh Yusuf, kita memiliki potensi yang lebih besar dari itu,” kata IAS.

IAS juga menekankan bahwa gagasan Leonard Eben Ezer Simanjuntak, Staf Ahli Jaksa Agung Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Kerjasama Internasional, untuk menjadikan acara ini sebagai agenda nasional perlu mendapat respon dari berbagai pihak terkait.

Leonard yang juga turut hadir di acara haul pada Sabtu, (25/5/2024), mengatakan bahwa gagasan tersebut merupakan bagian dari upaya untuk menghormati nilai-nilai perjuangan dan dakwah yang dilakukan oleh Syekh Yusuf Al Makassary Al Bantany selama hidupnya.

“Sulsel beruntung memiliki mantan Kajati Sulsel yang sangat peduli terhadap sosok Syekh Yusuf yang begitu terkenal di dunia. Sebagai warga Sulsel, kami memberikan apresiasi yang tak terhingga,” ujar IAS yang sedang ngopi bersama Ustaz Dr Rahman Qayyum, Asdar Tukan, dan Karaeng Sijaya.