portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ahok Sarankan Peningkatan RSUP dan RSUK sebagai Solusi untuk Kesejahteraan Dokter dan Nakes

Ahok Sarankan Peningkatan RSUP dan RSUK sebagai Solusi untuk Kesejahteraan Dokter dan Nakes

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok memberikan saran untuk sistem kesehatan di Indonesia. Salah satu caranya, katanya, adalah dengan menambah fasilitas kesehatan.

Saran tersebut menurut Ahok didasarkan pada pengalamannya selama ini. Mulai dari menjadi anggota DPRD, bupati, anggota DPR RI, hingga Gubernur Jakarta.

Dia menyebutkan bahwa ada sejumlah masalah kesehatan di Indonesia, salah satunya adalah kesejahteraan Tenaga Kesehatan atau Nakes.

“Saya selalu mengatakan bahwa tenaga medis yang sudah ada di swasta itu relatif sudah lebih baik, yang sering dipersoalkan adalah tenaga medis yang ada di Pemda. Apalagi yang honorer dan sejenisnya,” ungkapnya seperti yang dikutip dari YouTube Panggil Saya BTP, Jumat (24/5/2024).

Dia menjelaskan bahwa jika merujuk pada regulasi, aturan yang ada sebenarnya sudah cukup baik.

“Undang-undang Nomor 17 Tahun 2023 tentang Kesehatan sudah mengaturnya cukup baik. Membantu mengatasi kekurangan gaji Nakes maupun dokter,” jelasnya.

Untuk meningkatkan kesejahteraan Nakes, dia menyarankan adanya Rumah Sakit Umum Pendidikan (RSUP) dan Rumah Sakit Umum Kecamatan (RSUK).

“Dokter spesialis berkantor di rumah sakit pendidikan. Oleh karena itu, waktu saya menjabat sebagai gubernur, saya juga mulai meminta agar Rumah Sakit Umum Daerah Tarakan ditingkatkan menjadi pendidikan,” terangnya.

Hal yang sama dilakukan juga untuk RSUK.

“Kita juga membangun banyak RSUK, di mana banyak residen berpraktik di sana. Orang-orang yang ingin menjadi spesialis praktik di sana, kita akan membayarnya. Sehingga mereka dapat belajar untuk menjadi spesialis, mendapatkan pasien untuk praktik, dan juga mendapatkan bayaran yang layak,” ujarnya.