portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Potensi Besar Sudirman Diusung Oleh Gerindra di Pilgub Sulsel dengan Elektabilitas 30 Persen

Potensi Besar Sudirman Diusung Oleh Gerindra di Pilgub Sulsel dengan Elektabilitas 30 Persen

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR – Gubernur petahana Sulawesi Selatan, Andi Sudirman Sulaiman mendominasi hasil survei Indeks Politica Indonesia (IPI) terkait elektabilitas calon gubernur Sulawesi Selatan 2024.

Andi Sudirman menempati posisi teratas dengan 30 persen, diikuti oleh Rusdi Masse 18,6 persen, Adnan Purichta 9,4 persen, Ilham Arief Sirajuddin 8,6 persen, dan Mohammad Ramdhan Pomanto 6,2 persen.

Berdasarkan hasil tersebut, Sudirman dianggap layak untuk diusung oleh Partai Gerindra sebagai calon gubernur dalam Pilgub Sulsel yang akan datang.

Ridwan Fawallang, seorang Pengamat Politik dari Universitas Muhammadiyah (Unismuh) Makassar, menyatakan bahwa keluarga Sudirman memiliki kontribusi yang signifikan di Partai Gerindra. Banyak anggota keluarga atau kerabat dekat dari Sudirman yang terpilih sebagai calon legislatif di Gerindra, mulai dari tingkat DPRD Kabupaten/Kota hingga DPR RI.

Menurut Ridwan, tidak sulit bagi Andi Sudirman untuk memperoleh dukungan dari Gerindra, mengingat kontribusinya dan kontribusi keluarganya di partai tersebut. Ia pun menyebut bahwa Gerindra memiliki potensi untuk mendukung majunya Sudirman sebagai calon gubernur.

Selain itu, baik Amran maupun Haji Isam memiliki investasi politik di DPP Gerindra, sehingga menurut Ridwan, Gerindra bisa didapatkan oleh Sudirman.

Pada Pilgub Sulsel 2018, Andi Sudirman dan Nurdin Abdullah diusung oleh PDIP, PKS, dan PAN. Sebelumnya, DPP Gerindra telah menyatakan bahwa mereka akan mengusung kader internal dalam Pilkada serentak November mendatang, berdasarkan hasil rapat koordinasi nasional.