portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Dukungan Persatuan Purnawirawan Polri untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024 dikecam

Dukungan Persatuan Purnawirawan Polri untuk Ganjar Pranowo-Mahfud MD dalam Pilpres 2024 dikecam

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Mantan Wakil Kepala Polri Komisaris Jenderal (Purn) Gatot Eddy Pramono menegaskan Persatuan Purnawirawan (PP) Polri mendukung pasangan calon presiden (capres) Ganjar Pranowo dan calon wakil presiden (cawapres) Mahfud MD di Pilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Hal itu diungkapkan Gatot Eddy Pramono setelah Rapat Kerja Pusat (Rakerpus) PP Polri 2023 di Gedung Tri Brata, Jakarta, pada Selasa (31/10/2023).

Menurut Gatot, Rakerpus PP Polri menghasilkan keputusan untuk memberikan dukungan kepada Ganjar dan Mahfud. “Pada intinya, rapat tersebut menghasilkan suatu keputusan, salah satunya adalah dukungan dari PP Polri hingga tiga ranting untuk Pak Ganjar dan Pak Mahfud MD,” kata Gatot kepada media.

Gatot menjelaskan bahwa dukungan PP Polri kepada Ganjar-Mahfud mencakup tiga ranting yang tersebar di seluruh Indonesia. Totalnya mencapai 251 cabang.

Menurut Gatot, para purnawirawan tersebut sudah tidak lagi menjadi anggota Polri. Oleh karena itu, mereka memiliki hak untuk memilih dan dipilih dalam pesta demokrasi setiap lima tahun.

Gatot, yang juga Wakil Ketua Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, mengungkapkan bahwa Ganjar pernah berbicara di hadapan relawan Garuda Nusantara yang juga merupakan purnawirawan Polri. Selain itu, relawan tersebut juga terdiri dari TNI-Polri.

“Beliau beberapa kali telah menyampaikan pertemuan dengan PP Polri dan berbicara di dalamnya,” ujarnya.

Oleh karena itu, hubungan antara Ganjar dan PP Polri sudah terjalin sejak lama. Ketika ditanya tentang pelaksanaan deklarasi PP Polri untuk Ganjar-Mahfud, Gatot mengatakan bahwa akan ada tindak lanjut terkait hal tersebut.