portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Semua Kita Persilakan, Cak Imin Daftar Cakada di PKB bersama Putri Amien Rais, Khofifah, dan Emil Dardak

Semua Kita Persilakan, Cak Imin Daftar Cakada di PKB bersama Putri Amien Rais, Khofifah, dan Emil Dardak

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Ketua Umum PKB, Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengatakan bahwa partainya terbuka untuk semua bakal calon kepala daerah yang ingin maju.

Hal ini sebagai respons terhadap anak Ketua Umum Partai Ummat Amies Rais, Hanum Salsabiela Rais yang mengambil formulir pendaftaran Calon Kepala Daerah (Cakada) di PKB Kota Yogyakarta.

“Semua orang kita persilakan. Yang penting kita melakukan seleksi karena kita ingin mencari pemimpin yang baik,” ujarnya kepada wartawan setelah acara Taaruf Ketum PKB dengan bakal Cakada Pilkada Serentak 2024 Zona Sulawesi di Four Point by Sheraton Makassar, Minggu (5/5/2024).

Tidak hanya bagi Hanum, tetapi juga bagi Khofifah Indar Parawansa dan Emil Elestianto Dardak yang mengambil formulir pendaftaran Pemilihan Gubernur Jawa Timur. Cak Imin merasa senang bahwa Emil Dardak tertarik untuk bergabung dengan PKB dalam Pilgub Jatim.

“Ya, saya sangat senang. Nanti kita akan menguji dari segi visi sekaligus dalam hal kapasitas dan elektabilitas,” katanya.

Cak Imin menjelaskan bahwa ada tiga kriteria Cakada yang akan diusung oleh PKB dalam Pilkada Serentak. Kriteria pertama adalah kapasitas dan kemampuan.

“Kriteria kedua adalah memiliki visi yang sama dan harapan yang dapat ditawarkan kepada masyarakat. Kriteria ketiga adalah elektabilitas,” ungkapnya.

Cak Imin menambahkan bahwa tiga kriteria ini akan dilihat selama proses penjaringan cakada. Ia ingin agenda perubahan yang diusung oleh PKB dapat sejalan dengan cakada.

“Agar PKB dapat meneruskan agenda perubahan seperti yang telah kita serahkan kepada presiden terpilih. Sehingga kita berharap dengan agenda perubahan itu, pembangunan tidak terancam kolaps, misalnya masalah ancaman kerusakan lingkungan dan bencana alam,” ucapnya. (Ikbal/Fajar)