portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

NasDem dan PKB Bersatu dengan Prabowo, Faizal Assegaf Menyatakan PKS dan PDIP Akan Berada di Oposisi, Namun Terlibat Koalisi dengan Gerindra dalam Pilkada

NasDem dan PKB Bersatu dengan Prabowo, Faizal Assegaf Menyatakan PKS dan PDIP Akan Berada di Oposisi, Namun Terlibat Koalisi dengan Gerindra dalam Pilkada

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Faizal Assegaf, seorang kritikus politik terkemuka, mengeluarkan kritik pedas terhadap ketidakjujuran dan ketidakkonsistenan partai politik di Indonesia.

Komentarnya datang sebagai respons terhadap keputusan PKB dan NasDem yang beralih dukungan ke koalisi Prabowo-Gibran.

“Nasdem dan PKB sudah resmi gabung ke Prabowo,” ujar Faizal dalam keterangannya di aplikasi X @faizalassegaf (26/4/2024).

Faizal menyoroti paradoks yang terjadi di level pusat dan lokal, di mana beberapa partai politik menyatakan ingin menjadi oposisi namun malah terlibat dalam koalisi dengan penguasa.

Dia menyinggung PKS dan PDIP, yang meskipun mengklaim ingin menjadi oposisi, tetapi terlibat dalam koalisi dengan Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PAN di Pilkada.

“PKS dan PDIP mau oposisi, tapi lucunya sibuk berkoalisi dengan Gerindra, Golkar, Demokrat, dan PAN di Pilkada,” cetusnya.

Menyikapi situasi ini, Assegaf menyatakan bahwa tidak ada satu pun partai politik yang jujur dan konsisten dalam sikapnya sebagai oposan.

“Tidak ada satupun partai yang jujur dan konsisten bersikap oposan,” sebutnya.

Dia menegaskan bahwa di balik layar, partai-partai tersebut bermain kompromi dan berbagi kekuasaan di arena Pilkada.

“Di level pusat bermain kompromi di balik layar, di arena Pilkada berbagi jatah,” tandasnya.

Sebagai respons atas keadaan politik yang dianggapnya memprihatinkan, Faizal menggagas pendirian sebuah partai politik baru yang diberi nama “Nasional Gotong Royong” atau “Negoro”.

“Asbab itu Partai Negoro hadir galang gerakan gagasan melawan politik tipu-tipu elite partai,” imbuhnya.