portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ganjar’s Idea to Incarcerate Corruptors in Nusakambangan Receives Positive Response, According to Academics

Ganjar’s Idea to Incarcerate Corruptors in Nusakambangan Receives Positive Response, According to Academics

FAJAR.CO.ID, JAKARTA— Ide dari calon presiden (capres) Ganjar Pranowo untuk menjadikan Pulau Nusakambangan sebagai penjara super maximum security bagi narapidana korupsi mendapat sambutan positif dari akademisi, pengamat, hingga rakyat di akar rumput.

Misalnya dikatakan pakar hukum Universitas Jenderal Soedirman (Unsoed) Purwokerto, Prof Dr M Fauzan. Ia setuju dengan rencana menempatkan para koruptor di Lapas Nusakambangan.

“Setuju dan kalau bisa dimiskinkan sekalian, serta dijatuhi pidana tambahan. Seperti pencabutan hak pilih dan hak dipilih,” kata Prof Fauzan, Sabtu (9/12/2023) siang.

Menurutnya, korupsi masuk kategori extraordinary crime sehingga pemberantasan dan pemidanaannya juga harus berbeda dengan tindak pidana biasa.

Sementara itu, pengamat politik Unair Prof Dr Henri Subiakto, menilai gagasan yang disampaikan Ganjar merepresentasikan suara rakyat yang sudah muak dengan banyaknya korupsi di Indonesia.

“Saya sangat sepakat, apa yang disampaikan beliau itu bagian dari menangkap kehendak masyarakat yang sudah muak terhadap korupsi. Semangat untuk menghukum tinggi, seperti yang disampaikan Pak Ganjar, itu adalah keinginan atau kehendak masyarakat,” kata Guru besar Universitas Airlangga (Unair) ini saat dihubungi.

Menurutnya, masyarakat kini sudah muak dengan banyaknya kasus korupsi yang melibatkan para pejabat dan elite politik. Masyarakat merasa muak karena masih belum melihat kesungguhan pemerintah dalam upaya memberantas korupsi.

“Apalagi sekarang menjelang pilpres ini kan juga banyak ditengarai korupsi-korupsi yang dipakai untuk dana-dana pemilu, kan begitu kan? Itu kan masyarakat muak. Nah, dengan adanya program atau janji akan menghukum keras kepada pelaku korupsi, itu bagus. Itu intinya adalah semangatnya,” ujarnya.