portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kaesang Menyarankan Agar Debat Calon Wakil Presiden Pilpres 2024 Tetap Dilaksanakan

Kaesang Menyarankan Agar Debat Calon Wakil Presiden Pilpres 2024 Tetap Dilaksanakan

Ketua Umum DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI), Kaesang Pangarep, tidak sependapat dengan keputusan KPU yang menetapkan format debat capres-cawapres untuk Pilpres 2024. Kaesang menyarankan agar debat tersebut tetap diselenggarakan oleh KPU. “Ya, memang kalau lebih baik ya diadakan saja,” ujar Kaesang di Surabaya, Jawa Timur, pada Sabtu 2/12.

Kaesang yakin bahwa pasangan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, yang berasal dari partainya, juga akan bersedia mengikuti debat tersebut. “Saya rasa jauh lebih baik, kalau ada debat cawapres,” ungkap putra bungsu Presiden Joko Widodo itu.

Meskipun demikian, Kaesang menyatakan penghormatan terhadap keputusan KPU terkait format debat capres-cawapres. “Kami ikut apa kata KPU, diadakan ya ayo, enggak diadakan ya sudah,” tambah Kaesang.

Pada Kamis (30/11), Ketua KPU Hasyim Asy’ari menyatakan bahwa semua pasangan capres dan cawapres peserta Pilpres 2024 harus hadir di setiap sesi debat. Hasyim menegaskan bahwa kehadiran bersama dalam debat perlu dilakukan untuk menunjukkan kesatuan dan kekompakan di antara pasangan tersebut kepada publik.

Hasyim menjelaskan bahwa formasi ini berbeda dengan debat Pilpres 2019, di mana pada waktu itu tidak semua pasangan calon hadir langsung di lokasi debat. KPU RI telah menetapkan tiga pasangan calon presiden dan wakil presiden sebagai peserta Pilpres 2024, yaitu Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar, Ganjar Pranowo-Mahfud MD, serta Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.