portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Debat Cawapres Diharapkan Berlangsung Aman dengan Didampingi Capres dan Kemungkinan Terpusat di Jakarta oleh KPU

Debat Cawapres Diharapkan Berlangsung Aman dengan Didampingi Capres dan Kemungkinan Terpusat di Jakarta oleh KPU

KPU RI: Debat Capres-Cawapres 2024 Kemungkinan Terpusat di Jakarta

KPU RI menyebut debat capres-cawapres kemungkinan terpusat di Jakarta. Hal ini dinilai tak masalah, terpenting tetap mencover semua masalah di kawasan Indonesia.

KPU RI Hasyim Asy’ari, mengatakan debat pertama akan dilaksanakan di kantor KPU RI, Jakarta, 12 Desember 2023.

Debat capres-cawapres Pemilu 2024 akan dilakukan sebanyak lima kali. Namun format debat berbeda dari pemilihan presiden (Pilpres) 2019.

Pada Pilpres 2019, dari lima kali debat, disiapkan satu kali debat antarcawapres. Kemudian, pada Pemilu 2024, debat cawapres turut didampingi pasangannya. Demikian halnya saat debat cawapres.

Hasyim Asy’ari menjelaskan bahwa ketentuan itu diterapkan supaya pemilih dapat melihat sejauh mana kerja sama masing-masing capres-cawapres bahu-membahu satu sama lain dalam penampilan debat.

“Supaya publik makin yakin lah teamwork (kerja sama) antara capres dan cawapres,” kata Hasyim, kemarin.

Analis politik Universitas Hasanuddin (Unhas), A Ali Armunanto menilai bahwa semua debat dipusatkan di Jakarta, karena KPU RI ingin bermain aman. Juga mengefesienkan sumber daya dan pembiayaan.

“Karena mungkin memang, infrastrukturnya baik dari segi penyiaran, maupun keamanannya dan lain segala macam memang lebih lengkap di Jakarta. Saya rasa itu yang dikejar,” ujar Ali.

Menurut Ali, tidak ada masalah dengan persoalan lokasi debat, karena KPU berpikiran debat ini akan ditayangkan di televisi dan media-media lainnya. Terpenting adalah kepentingan seluruh wilayah yang ada di Indonesia juga tetap dimasukkan dalam agenda debat tersebut.