portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ganjar Suka Menginap di Rumah Warga, Menurut Pengamat, Ini Membuatnya Merasakan Perasaan Rakyat

Ganjar Suka Menginap di Rumah Warga, Menurut Pengamat, Ini Membuatnya Merasakan Perasaan Rakyat

Ganjar Pranowo, Calon Presiden 2024, Menjadi Sorotan karena Kebiasaan Menginap di Rumah Warga

Kebiasaan Calon Presiden (Capres) 2024 Ganjar Pranowo yang sering menginap di rumah warga hingga pelosok desa di berbagai daerah di Indonesia mendapat sorotan. Prof Dr Iswandi Syahputra, seorang guru besar Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Suka) Yogyakarta, mengatakan bahwa kebiasaan menginap tersebut merupakan cerminan karakter asli dari Ganjar Pranowo.

Menurut Iswandi, kebiasaan Ganjar menginap di rumah warga tidak hanya dilakukan menjelang pemilihan presiden saat ini, tetapi sudah dilakukan sejak menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah pada periode pertama. Hal ini menurutnya menunjukkan tiga hal, yaitu karakter yang asli, dekat dengan kehidupan rakyat kecil, serta menjadi bagian dari komunitas sosial, lingkungan sosial, dan atmosfer sosial dalam kehidupan Ganjar.

Isdwandi juga menyatakan bahwa kebiasaan Ganjar menginap di rumah warga yang tinggal di pelosok desa bukanlah sesuatu yang dibuat-buat, melainkan sudah menjadi bagian dari kehidupan Ganjar. Menurutnya, tidur di rumah penduduk bukan hanya membutuhkan kesiapan fisik, tetapi juga kenyamanan psikologis, ketenangan emosional, dan kesiapan mental. Hal ini menurutnya sulit ditiru oleh orang lain, kecuali orang-orang yang biasa berbaur dengan masyarakat bawah dan hidup dengan masyarakat tersebut. Meskipun demikian, Iswandi mengakui bahwa ada beberapa orang yang bisa melakukannya namun perlu dilatih.