portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Golkar Kesulitan Menentukan Nama Calon yang Meningkatkan Elektabilitas Untuk Pilgub Sulsel

Golkar Kesulitan Menentukan Nama Calon yang Meningkatkan Elektabilitas Untuk Pilgub Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dinamika Pilgub Sulsel semakin menarik dengan sejumlah tokoh Partai Golkar yang memiliki peluang besar maju pada tahun 2024 mendatang.

Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar telah merilis daftar calon penantang yang mencakup tokoh-tokoh berpotensi.

Dalam surat resmi tertanggal 16 November 2023, beberapa nama yang mencuat antara lain Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mantan Wali Kota Makassar Ilham Arief Sirajuddin (IAS), dan Bupati Luwu Utara Indah Indriani Putri.

Pengamat Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sukri Tamma menyatakan, tradisi Golkar memiliki beberapa kandidat berkualitas dan elektabilitas tinggi akan terus berlanjut.

Dengan tersedianya beberapa nama yang memiliki elektabilitas tinggi, Partai Golkar disebut bakal dilema menentukan satu nama yang diberikan tiket Pilgub.

“Saya kira mungkin menjadi dilematis, bisa jadi akan berat menentukan,” ujar Sukri Tamma kepada fajar.co.id, Minggu (19/11/2023) malam.

Di sisi lain, kata Sukri, kehadiran beberapa nama kader yang memiliki basis besar itu menjadi keuntungan tersendiri bagi Partai Demokrat.

“Tapi ini (juga) keuntungan bagi Partai Golkar, mereka punya beberapa kandidat yang punya daya saing tinggi,” ucapnya.

Dengan begitu, Sukri beranggapan Partai Golkar tidak akan kesulitan jika nanti harus berkoalisi dengan Partai lain.

“Partai Golkar tidak akan kesulitan jika nantinya kalau harus berkoalisi dengan Partai lain, mendorong siapapun kandidatnya, jadi ini malah keuntungan,” Sukri menuturkan.