portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Bagaimana Peluang Langkah Taufan Pawe Maju di Pilgub Sulsel bersaing di Internal Golkar?

Bagaimana Peluang Langkah Taufan Pawe Maju di Pilgub Sulsel bersaing di Internal Golkar?

Taufan Pawe sepertinya akan menghadapi persaingan ketat untuk merebut tiket Calon Gubernur Sulsel di internal Partai Golkar. Persaingan tersebut terlihat dari adanya daftar calon penantang dari DPP Partai Golkar.

DPP Partai Golkar telah merilis daftar calon penantang, termasuk Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan, mantan walikota Makassar Ilham Arief Sirajuddin, dan Bupati Luwu Utara Indah Indriani Putri. Daftar tersebut terlampir dalam surat nomor Sund-308/GOLKAR/XI/2023, tanggal 16 November 2023, yang ditandatangani oleh Sekjen DPP Golkar, Lodewijk F Paulus, dengan NAPD 3175042707570006, beserta stempel.

Pengamat Ilmu Politik Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sukri Tamma, mengatakan bahwa perebutan tiket Calon Gubernur di internal Partai Golkar memang seru. Menurutnya, dalam beberapa peristiwa Pilgub, Golkar selalu memiliki beberapa kandidat yang memiliki elektabilitas tinggi.

Sukri juga menyatakan bahwa pada Pilgub 2024, Partai Golkar berada lebih unggul dibandingkan dengan nama-nama yang terlampir dalam surat DPP. Namun, ia memprediksi bahwa Adnan, Ilham Arief Sirajuddin (IAS), dan Indah Indriani Putri akan menjadi penantang serius.