portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Sentil Praktik KKN, Mahfud MD: Saat Ini Adalah Waktu yang Pas untuk Melakukan Pergantian Pemerintahan

Sentil Praktik KKN, Mahfud MD: Saat Ini Adalah Waktu yang Pas untuk Melakukan Pergantian Pemerintahan

FAJAR.CO.ID, SURABAYA — Deklarasi Nasional Laju Indonesia #GAMA2024 digelar di Graha Mahameru, Surabaya, Sabtu, (11/11). Acara ini dihadiri oleh perwakilan massa dari berbagai profesi yang selama ini terlibat dalam berbagai kegiatan sosial kemanusiaan bersama Laju Indonesia.

Deklarasi ini juga dihadiri oleh Cawapres Mahfud MD, yang turut melantik Ketua Laju Indonesia untuk Jawa Timur, Fuad Benardi.

Ketua Umum Laju Indonesia, Rieke Diah Pitaloka menandai deklarasi nasional dengan pembacaan “Panca Dharma GAMA”, yaitu pertama memperjuangkan Visi dan Misi Negara Kesatuan Republik Indonesia kembali ke amanat Pembukaan Konstitusi, Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Dharma GAMA kedua adalah memperjuangkan terwujudnya lima bidang Kesejahteraan Rakyat, terpenuhinya hak konstitusional rakyat atas sandang, pangan dan papan; pendidikan dan kebudayaan; kesehatan, pekerjaan yang layak dan lima jaminan sosial; kehidupan sosial, perlindungan hukum dan HAM; serta infrastruktur dan lingkungan hidup yang baik.

Adapun dharma GAMA ketiga, yaitu memperjuangkan kebijakan pembangunan berbasis riset dan inovasi nasional (evidence based policy).

Dharma GAMA keempat yaitu memperjuangkan lahirnya Big Data Indonesia berbasis Data Desa/Kelurahan Presisi sebagai data dasar kebijakan pembangunan di segala bidang kehidupan. Terakhir, Dharma GAMA kelima adalah memperjuangkan hadirnya Otonomi Daerah dalam Perspektif NKRI melalui Sistem Pemerintahan Daerah Berbasis Data Presisi.

Mahfud menyambut antusias Panca Dharma GAMA, ia mengaku setuju dan siap berkomitmen.