portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi Memimpin Hasil Survei Elektabilitas Gen Z

Pasangan Andika Perkasa-Hendrar Prihadi Memimpin Hasil Survei Elektabilitas Gen Z

FAJAR.CO.ID, SEMARANG — Elektabilitas pasangan calon yang bertarung pada pilkada tampaknya menjadi hal menarik dipotret lembaga survei, terlebih proses pemilihan tinggal beberapa bulan lagi.

Salah satunya adalah survei yang menggambarkan tingkat elektabilitas pasangan calon yang bertarung di Pilgub Jawa Tengah (Jateng).

Adalah Timur Barat Research Center (TBRC) merilis hasil survei terbarunya menjelang Pilkada Jawa Tengah (Jateng), yang mengukur elektabilitas pasangan Ahmad Luthfi-Taj Yasin dan duet Andika Perkasa-Hendrar Prihadi (Andika-Hendi) di kalangan gen z dan milenial.

Direktur Eksekutif TBRC, Johanes Romeo, survei lembaganya dilakukan untuk melihat preferensi politik warga Jateng menjelang Pilkada 2024 terhadap dua paslon gubernur dan wakil gubernur tersebut. Survei TBRC dilakukan pada periode 5-15 September 2024, di 35 kabupaten/kota di Jateng.

Metodologi survei menggunakan tatap muka dengan teknik simple random sampling dan proporsional yang melibatkan 1.800 responden warga Jateng yang masuk dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) untuk Pemilu 2024.

Adapun demografi responden sebanyak 53,8% merupakan pemilih yang masuk kategori gen milenial dan Z, serta 46,2% generasi X (Gen X), baby boomer, dan pre-boomer. Hasil survei ini memiliki margin of error lebih kurang 2,31% pada tingkat kepercayaan 95%.

Diketahui bahwa pasangan Luthfi-Yasin diusung oleh KIM Plus beranggotakan Partai Gerindra, Partai Golkar, PKS, PKB, Partai Nasdem, PPP, PAN, Partai Demokrat, dan PSI, sedangkan pasangan Andika-Hendi didukung oleh PDI Perjuangan.