portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Warganet Membongkar, Silfester Tidak Diizinkan Kuliah di Kampus oleh Kemendikbudristek

Warganet Membongkar, Silfester Tidak Diizinkan Kuliah di Kampus oleh Kemendikbudristek

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Silfester Matutina menjadi perbincangan karena tindakannya di stasiun TV nasional yang viral saat memaki Rocky Gerung.

Pengguna media sosial kini banyak membahas tentang dirinya. Salah satu yang dibahas adalah kebenaran mengenai pendidikan hukum yang ditempuh oleh Silfester saat kuliah.

Sebuah akun @CakKhum di media sosial, mengungkap bahwa universitas tempat Silfester kuliah kehilangan izinnya dan tidak diakui oleh pemerintah sebagai lembaga pendidikan tinggi.

“Akun tersebut menjelaskan bahwa Silfester Matutina yang menghina Rocky Gerung kuliah di Universitas Wiraswasta Indonesia, yang berlokasi di Ruko. Izin kampusnya dicabut oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek,” demikian informasi yang dibagikan oleh akun tersebut.

“Pencabutan izin operasional beberapa perguruan tinggi dilakukan untuk melindungi masyarakat dan mahasiswa dari pendidikan yang buruk dan penipuan oleh penyelenggara pendidikan yang tidak jujur,” kata (Plt. Dirjen) Diktiristek, Nizam, saat dikonfirmasi pada Senin, 12 Juni 2023,” tambahnya di kolom komentar.

Pada pertengahan Juni 2023, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Riset, dan Teknologi (Ditjen Diktiristek), Kemendikbudristek mengumumkan bahwa 23 perguruan tinggi swasta kehilangan izinnya karena masalah yang terjadi, termasuk Universitas Wiraswasta Indonesia.

Perguruan Tinggi Swasta (PTS) yang kehilangan izinnya antara lain karena melakukan penipuan terhadap mahasiswa, menerbitkan diploma S1 tanpa kuliah, tidak memiliki program studi (prodi) yang jelas, dan tidak memiliki mahasiswa yang terdaftar.