portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Andi Sudirman Sulaiman Lebih Unggul di Sulsel Menurut Tiga Lembaga Survei

Andi Sudirman Sulaiman Lebih Unggul di Sulsel Menurut Tiga Lembaga Survei

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Tidak mengherankan, bahwa popularitas dan kepribadian figur Andi Sudirman Sulaiman jauh di atas pesaingnya. Paling tidak, fakta tersebut terlihat dari data survei yang dirilis oleh beberapa lembaga survei baru-baru ini.

Indikator

Hasil survei dari Indikator misalnya, menunjukkan bahwa Andi Sudirman Sulaiman unggul jauh dari kandidat lain dalam Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Selatan (Sulsel). Survei terbaru ini semakin memperkuat kecenderungan pilihan masyarakat Sulsel pada Pilgub mendatang.

Survei yang dilakukan pada periode 11-19 Juli 2024 ini melakukan beberapa simulasi baik untuk kandidat tunggal maupun pasangan calon, dan hasilnya didominasi oleh Andi Sudirman Sulaiman-Fatmawati.

Survei yang berjudul “Peluang Menang Calon-calon Gubernur di Provinsi Sulsel” ini bertujuan untuk menggambarkan sikap dan perilaku pemilih di Sulsel guna mengetahui dukungan politik elektoral serta faktor-faktor penting yang terkait dengan pilihan-pilihan tersebut, sekaligus untuk melihat persepsi masyarakat Sulsel terhadap isu-isu terkini yang sedang berkembang.

Berikut adalah hasil simulasi dari survei Indikator:

Simulasi Dengan Empat Nama

Pada simulasi dengan 4 kandidat, Indikator mencatat bahwa Andi Sudirman Sulaiman unggul dengan persentase 33,4%, diikuti oleh Adnan Purichta 12,9%, Andi Iwan Aras 12,3%, dan di posisi terakhir Muh Ramdhan Pomanto dengan 8,3%. Pada simulasi ini, responden yang tidak menjawab/tidak tahu sebesar 33,1%.

Simulasi Dengan Tiga Nama

Pada simulasi dengan 3 nama, Andi Sudirman Sulaiman kembali memimpin survei dengan persentase 38,3%, kemudian diikuti oleh Andi Iwan Aras 12,1%, dan Ramdhan Pomanto 9,8%. Sementara itu, responden yang tidak menjawab/tidak tahu mencapai 39,8%.