portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Potensi Kotak Kosong Sulit Terjadi di Pemilihan Gubernur, Pengamat: di Sulawesi Selatan Banyak Calon Berkarakter Petarung

Potensi Kotak Kosong Sulit Terjadi di Pemilihan Gubernur, Pengamat: di Sulawesi Selatan Banyak Calon Berkarakter Petarung

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pengamat Politik Sulawesi Selatan (Sulsel), Adri Nugraha Pratama turut menyoroti perihal wacana kotak kosong yang terjadi pada pemilihan Gubernur Sulsel 2024 mendatang.

Ugha sapaannya mengungkapkan jika terlalu dini memvonis Pilgub Sulsel bakal berakhir dengan kotak kosong. Masih ada potensi head to head.

“Karena di sini di Sulsel, banyak karakter petarung, banyak merasa dirinya mampu. Saya pribadi tidak kolom kosong,”katanya, Senin (29/7/2024).

“Paling tidak kalau kotak kosong head to head, tipis kalau tiga calon,”tambahnya.

Meski begitu, dia menyebut Pilgub Sulsel kali ini sangat dipengaruhi oleh kepentingan elit nasional. Daerah dengan penduduk 9 juta penduduk ini dianggap salah satu daerah berpotensi.

“Tetapi lagi-lagi Pilgub konstalasi Sulsel dipengaruhi elit di tingkat nasional,”ungkapnya.

Jika benar kotak kosong terealisasi di Pilgub Sulsel 2024, banyak kemudian yang berpendapat jika nasibnya bakal sama dengan Pilwakot Makassar 2018. Di mana satu-satunya Paslon yang bertarung di arena dinyatakan kalah dengan kotak kosong.

Ugha menyebutkan jika benar kotak kosong yang terealisasi, maka nasibnya akhirnya bakal beda. Menurutnya kotak kosong Pilwalkot Makassar 2018 tidak murni sejak awal.

“Tidak Apple to Apple, Pilwalkot Makassar 2018 tidak murni kotak kosong, ada dua Paslon, bukan dari awal kotak kosong, 2018 jaringan rivalnya (Munafri Arifuddin) Appi terbentuk infrastruktur tim, di perjalanan tetap mesin ini jalan.,”katanya.

Jika kotak kosong terjadi di Pilgub 2024 ini, dia menyebut jika peluang kandidat yang melawan kotak kosong sangat besar. Setidaknya ada tiga faktor yang mempengaruhi hal itu.