portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Sektor Pertanian: Prioritaskan Ketersediaan Pupuk dan Perbaikan Irigasi Tanpa Kendala Manggazali

Sektor Pertanian: Prioritaskan Ketersediaan Pupuk dan Perbaikan Irigasi Tanpa Kendala Manggazali

FAJAR.CO.ID, POLMAN – Sektor pertanian menjadi fokus utama dari calon Bupati Polewali Mandar, Andi Bebas Manggazali untuk meningkatkan produksi pertanian demi mencapai ketahanan pangan nasional.

Dalam upaya tersebut, masyarakat harus terbebas dari kekhawatiran selama masa tanam dan pasca tanam. Salah satu masalah yang harus diatasi adalah kurangnya saluran irigasi, serangan hama, dan ketersediaan pupuk untuk meningkatkan produksi pertanian.

Jika dipercayakan sebagai pemimpin daerah, Andi Bebas berkomitmen untuk menyelesaikan masalah-masalah yang dihadapi petani.

“Ikan juga butuh makan, seperti manusia juga butuh makan. Namun, pupuk sering langka di masyarakat,” ujar Andi Bebas saat menghadiri acara panen Mappandendang di Desa Galeso, Kecamatan Wonomulyo, pada tanggal 25 Juli 2024.

Selain pupuk, masalah irigasi yang masih belum tertangani dengan baik menyebabkan banjir setiap musim hujan. Hal ini mengakibatkan sawah terendam, bahkan juga mengancam pemukiman.

Beberapa rumah dan sawah terdampak banjir setelah hujan deras melanda Kecamatan Wonomulyo, Matakali, dan Polewali selama beberapa hari terakhir.

Endapan di muara menjadi penyebab utama saluran irigasi meluap. Perlu adanya kerja sama antara desa dan balai untuk membersihkan muara, kata mantan Kepala Seksi Irigasi dan Rawa Dinas PU Sulbar.