portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Dewan Pers Mengingatkan Jurnalis yang Menjadi Tim Sukses Pilkada untuk Mengambil Cuti

Dewan Pers Mengingatkan Jurnalis yang Menjadi Tim Sukses Pilkada untuk Mengambil Cuti

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Dewan Pers kembali mengingatkan para jurnalis yang menjadi tim sukses pilkada untuk mundur.

Seperti diketahui, Pilkada serentak akan digelar pada 27 November 2024 mendatang. Salah satu kunci sukses penyelenggaraan ajang demokrasi tersebut adalah tercipta ruang publik yang kondusif sehat, dan bersih dari berita palsu (hoaks), serta hoaks.

Wakil Ketua Dewan Pers M Agung Dharmajaya mengatakan, sistem pemerintahan di Indonesia menganut teori trias politika yang membagi kekuasaan dalam tiga jenis: legislatif, eksekutif, dan yudikatif.

Sementara pers menjadi penyeimbang dari trias politika. Pers mewakili kepentingan sosial masyarakat dalam menyuarakan problematika yang dihadapi publik, khususnya dalam kontestasi politik perebutan kekuasaan di legislatif maupun di eksekutif.

Ada banyak hal yang tak dapat disuarakan oleh rakyat. Namun pers dapat menjadi jembatan untuk menyampaikan aspirasi rakyat dalam sistem politik kita.

“Marwah jurnalis dipertaruhkan dengan mengemban amanah tersebut,” ujarnya, dalam kegiatan Workshop Peliputan Pemilu dan Pilkada 2024 di Provinsi Sulawesi Selatan yang diselenggarakan oleh Dewan Pers di Swiss-Belhotel, Makassar, Kamis (27/6/2024).

Pilpres dan Pileg telah selesai dan Indonesia sedang memasuki Pilkada 2024. Agung mengatakan, dinamika politik di Pilkada lebih hebat daripada Pilpres. Sebab, kandidat yang bertarung bisa saja terkait secara emosional dengan rakyat, khususnya insan pers itu sendiri.

Di sinilah diperlukan peran pers dalam menjaga marwahnya, dengan memposisikan dirinya sebagai lembaga independen yang tidak terjebak dalam mendukung kandidat. Meskipun kandidat tersebut dekat secara emosional.