portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ingatkan untuk Menghindari Money Politic, Kemenko Polhukam Menyatakan Bahwa Kita Tidak Boleh Mempertaruhkan Lima Tahun ke Depan dengan Uang

Ingatkan untuk Menghindari Money Politic, Kemenko Polhukam Menyatakan Bahwa Kita Tidak Boleh Mempertaruhkan Lima Tahun ke Depan dengan Uang

Kemenko Polhukam kembali mengingatkan untuk menghindari politik uang dalam Forum Koordinasi Sentra Gakkumdu di Makassar, Kamis, (27/6/2024).

Mewakili Menko Polhukam, Deputi Bidang Koordinasi Hukum dan Hak Asasi Manusia. Dr. Sugeng Purnomo menyampaikan, soal ancaman pidana terkait politik uang.

“Dari sambutan pak menko, harus dihindari ini. karena kalau kita bicara tentang politik uang itu ada ancaman pidananya,” kata Sugeng kepada wartawan.

Menurutnya, ini bukan hanya tugas Sentra Gakkumdu yang terdiri dari Bawaslu, kepolisian dan kejaksaan. Tapi termasuk masyarakat sebagai pemilih juga harus saling memberikan informasi untuk menjaga.

“Jangan sampai terjadi penyimpangan, karena kita tidak boleh mempertaruhkan lima tahun ke depan dengan uang,” tambahnya.

Kemenko Polhukam kata dia punya tugas untuk memastikan Pilkada serentak itu bisa berjalan dengan baik sesuai kebutuhannya.

Di Forum Sentra Gakkumdu ini kata dia bertujuan untuk menyamakan pandangan antara Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan.

Misalnya ada hal-hal yang dianggap pelanggaran sebagai delik pidana terkait dengan Pilkada, diharapkan bisa diselesaikan dengan waktu yang cepat.

“Karena ini semuanya harus segera diselesaikan sehingga nanti tidak ada lagi misalnya ada persoalan yang belum tuntas padahal pilkadanya sudah selesai,” lanjutnya. (selfi/fajar)