portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Perlakuan Istimewa di Sidang Kabinet untuk Kepemimpinan Jokowi dan Prabowo yang Disinkronkan Menurut Pengamat

Perlakuan Istimewa di Sidang Kabinet untuk Kepemimpinan Jokowi dan Prabowo yang Disinkronkan Menurut Pengamat

FAJAR.CO.ID, JAKARTA – Menteri Pertahanan yang juga presiden terpilih, Prabowo Subianto mendapat perlakuan istimewa dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi dalam sidang kabinet paripurna, di Istana Negara, Jakarta, Senin (24/6/2024).

Dalam sidang kabinet tersebut, Prabowo Subianto duduk di samping Presiden Jokowi. Sejumlah menteri Kabinet Indonesia Maju (KIM) menghadiri sidang kabinet paripurna tersebut.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Survei dan Polling Indonesia Igor Dirgantara mengatakan perlakuan istimewa Jokowi ke Prabowo yang ditampilkan ke publik merupakan wujud sinkronisasi kepemimpinan untuk keberlanjutan pemerintahan ke depan.

“Itu menunjukan bahwa komitmen kuat Pak Prabowo ketika menggantikan Pak Jokowi di Oktober 2024 nanti akan tegas melanjutkan program-program dari pemerintahan Pak Jokowi,” kata Igor, Rabu (26/06/2024).

Sejak diumumkan sebagai presiden terpilih di Pilpres 2024 oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jokowi sudah melakukan sinkronisasi kepemimpinan. Salah satunya, dengan memperkenalkan Prabowo sebagai presiden terpilih Indonesia di hadapan delegasi KTT World Water Forum ke-10 di Bali bulan lalu.

Selain itu, Prabowo juga mendapatkan penugasan untuk hadir di Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) terkait Gaza untuk merespon isu geopolitik internasional.

Di dalam negeri, lanjut Igor, Prabowo menjadi pengarah dalam koalisi pemerintahan ke depan, apalagi koalisi Indonesia maju (KIM) makin mesra. Untuk itu, program-program yang akan dieksekusi ke depan pasca pelantikan pada Oktober 2024 nanti adalah keberlanjutan, baik itu makan siang bergizi, pembangunan ibu kota Nusantara (IKN) hingga hilirisasi.