portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

HMNI Sulsel Meminta Calon Pemimpin Pilkada Serentak Memperhatikan Kesejahteraan Nelayan

HMNI Sulsel Meminta Calon Pemimpin Pilkada Serentak Memperhatikan Kesejahteraan Nelayan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Mendekati pemilihan kepala daerah serentak di Sulawesi Selatan, Pilgub dan Pilkada Kabupaten/Kota akan dilaksanakan pada November 2024 mendatang.

Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Masyarakat Nelayan Indonesia (HMNI) Provinsi Sulawesi Selatan, Dahlan Gege, memberikan pesan kepada seluruh calon pemimpin untuk memperhatikan kesejahteraan masyarakat pesisir dan nelayan.

Menurutnya, siapapun yang nantinya terpilih sebagai Gubernur, Bupati, dan Walikota pada tahun 2024, hal ini harus menjadi perhatian utama.

“Dalam waktu yang telah berlalu, pemerintah kurang memperhatikan kesejahteraan masyarakat pesisir dan nelayan, padahal mereka juga merupakan bagian dari masyarakat Indonesia yang memiliki hak yang sama dengan kelompok lainnya,” ujar Dahlan Gege, Jumat (21/6/2024).

“Ia menambahkan bahwa kesejahteraan mencakup berbagai aspek kehidupan mereka, termasuk pasokan air bersih, bantuan tempat tinggal dan renovasi rumah, bantuan alat, listrik yang memadai untuk nelayan di pulau-pulau, keamanan, dan pendidikan dasar yang layak untuk keluarga dan anak-anak nelayan,” tambahnya.

“Dalam hal kebutuhan pangan primer, individu membutuhkan asupan makanan yang cukup dan bergizi untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjalani pola hidup bersih,” sambungnya.

Lebih lanjut, ia menyatakan bahwa alokasi anggaran selama ini lebih berfokus pada sektor pertanian dan pendidikan, sehingga kurang memperhatikan aspek kehidupan masyarakat pesisir dan nelayan.

“Sulawesi Selatan dikenal dengan keindahan alam di laut, banyak pulau, dan hasil laut yang melimpah, namun kesejahteraan nelayan pesisir jarang mendapat perhatian yang layak,” tegasnya.