portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Ridwan Kamil Berminat untuk Mencoba Pilgub Jakarta, Golkar: Kesempatannya Terbatas Jika Anies Melangkah

Ridwan Kamil Berminat untuk Mencoba Pilgub Jakarta, Golkar: Kesempatannya Terbatas Jika Anies Melangkah

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ridwan Kamil (RK) memang sempat mengutarakan niat maju di Pilgub Jakarta 2024 jika calon petahana Anies Baswedan memutuskan tak kembali maju.

Hal itu diungkap Waketum Golkar, Ahmad Doli Kurnia Tandjung. Alasannya, RK ingin melanjutkan prestasi di Jabar ke Jakarta. Namun, berdasar survei, kans RK di Jakarta kurang menguntungkan.

“Per hari ini, kalau kemarin kita cek waktu setelah pilpres, waktu itu, kan, mungkin RK bersedia (maju Pilkada Jakarta) karena waktu itu berasumsi Pak Anies Baswedan tidak akan maju lagi karena sudah jadi capres. Kita juga, kan, sampai sekarang belum tahu apakah Anies Baswedan memang mau turun kelas dari capres jadi cagub kembali,” kata Doli di Gedung DPR, Senayan, Kamis (20/6).

“Makanya waktu itu RK juga, ya sudah, prestasi yang sudah dia raih di Jabar, rasa-rasanya kayaknya apa yang saya lakukan di Jabar, baik yang selama ini di Jabar itu bisa jugalah kemudian kita coba di Jakarta. Makanya waktu itu begitu dibuat dia buat atribut OTW Jakarta itu, kan ada kejutan juga, ya, kan,” tambah Ketua Komisi II DPR RI ini.

Soal baliho “OTW Jakarta” yang dipasang pada Februari 2024, RK sempat berdalih bahwa itu merupakan strategi marketing untuk produk skincare khusus lelaki yang mengontraknya sebagai brand ambassador dan bukan kode menatap Pilkada Jakarta.

Doli menambahkan, elektabilitas RK sempat naik saat memasang baliho ‘OTW Jakarta’. Namun, ketika Anies sudah menyatakan siap kembali dan muncul juga nama Basuki Tjahaja Purnama, elektabilitas RK tertinggal di Jakarta.