portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kelebihan dan Kekurangan Pasangan Calon Sudirman-Adnan dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan

Kelebihan dan Kekurangan Pasangan Calon Sudirman-Adnan dalam Pemilihan Gubernur Sulawesi Selatan

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Bupati Gowa Adnan Purichta Ichsan membuka diri untuk menjadi calon wakil gubernur Sulawesi Selatan. Adnan juga membuka peluang untuk berpasangan dengan siapapun dalam Pilgub Sulsel.

Pada Hari Raya Idul Adha, Senin 17 Juni, Adnan bertemu dengan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, yang juga merupakan kakak dari bakal calon gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman di Gedung AAS, Kota Makassar.

Dalam pertemuan tersebut, Adnan menegaskan bahwa dalam kontestasi Pilgub Sulsel 2024, ia akan selalu patuh dan sesuai dengan arahan dari istana.

“Ibu Adnan tetap menjalankan sesuai dengan timeline yang ada sekarang, sambil menunggu restu. Siapa 01 dan siapa 02 masih belum pasti. Dia siap berpasangan dengan siapapun. Beliau sebelumnya belum memberikan jawaban selama ini,” ungkap Juru Bicara Tim Kerabat Adnan, Ian Latanro.

Pakar politik dari Universitas Hasanuddin, Prof Sukri Tamma, menilai bahwa potensi pasangan Andi Sudirman dan Adnan masih terbuka lebar. Mengingat situasi politik saat ini masih sangat dinamis.

Selain itu, penjajakan masih terus berlangsung, termasuk pertemuan antara Ketua DPD Gerindra Sulsel Andi Iwan Darmawan Aras dengan Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto.

“Peluangnya masih terbuka lebar, karena situasi politik masih sangat dinamis. Terlebih lagi, baru-baru ini AIA bertemu dengan Pak Danny, menunjukkan bahwa Pilgub ini masih memiliki kemungkinan besar untuk terjadi perubahan koalisi dan pasangan. Semuanya masih dalam tahap simulasi,” ujar Sukri kepada FAJAR, Selasa, 18 Juni.