portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Adik Menteri Pertanian Tantang Andi Rio dan Yasir Machmud Kuda Hitam di Bursa Pilkada Bone

Adik Menteri Pertanian Tantang Andi Rio dan Yasir Machmud Kuda Hitam di Bursa Pilkada Bone

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Pilkada Bone diprediksi berlangsung seru. Selain karena tidak ada petahana, pemilihan bupati kali ini diikuti banyak calon pemimpin potensial.

Perebutan kursi nomor satu Bumi Arung Palakka diikuti figur-figur seperti Andi Rio Padjalangi, Andi Asman Sulaiman, Yasir Machmud, Andi Akmal Pasluddin, Ambo Dalle, Hingga Andi Islamuddin.

Menurut Analisis Direktur Eksekutif PT indeks Politica indonesia (PT IPI) Suwadi Idris Amir, Bone saat ini didominasi tiga kekuatan politik kuat.

Pertama; Andi Rio dari klan Padjalangi. Kedua; Kubu AAS Building (Andi Amran Sulaiman) yang diwakili Andi Asman Sulaiman.

Dan ketiga; kubu Andi Iwan Darmawan Aras Gerindra yang mungkin diwakili Pj bupati Andi Islamuddin atau Putrinya Andi Tenri Salangketo.

Menurut Suwadi saat ini Andi Rio unggul survei cukup tipis dari Andi Asman Sulaiman, yang artinya kedua tokoh ini besar kemunginan akan berhadapan karena survei mereka terpaut tipis.

“Artinya Andi Asman Sulaiman adalah lawan terkuat Andi Rio,” katanya kepada wartawan, Rabu (12/6/2024).

Sedangkan Yasir Machmud baru muncul sebagai pesaing Andi Rio jika Andi Asman Sulaiman tidak jadi maju atau mengalah.

“Karena pasti ada yang mengalah diantara salah satunya. Artinya Yasir Machmud kuda hitam kuat jika Andi Asman batal maju,” ungkapnya.

Sedangkan Pj Bupati Andi Islamuddin atau anaknya Andi Tenri adalah gerbong ketiga yang menjadi pesaing di Pilkada Bone.

Lanjut menurut Suwadi, sosok adik menteri pertanian Andi Asman Sulaiman memiliki kans besar menjadi pesaing kuat Andi Rio untuk memenangkan Pilkada Bone.