portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

PDIP dan PKS Diisukan Akan Bekerjasama untuk Mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta, Pengamat Optimis Kemenangan

PDIP dan PKS Diisukan Akan Bekerjasama untuk Mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta, Pengamat Optimis Kemenangan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Anies Baswedan masih menjadi daya tarik dalam menghadapi Pilkada Jakarta 2024. Beberapa partai siap mendukungnya. Bahkan, PDIP dan PKS disebut-sebut akan berkoalisi untuk mendukung mantan Calon Presiden 2024 itu.

Jika hal itu terjadi, PDI Perjuangan dan PKS diyakini akan memenangkan Pilkada Serentak 2024 dengan mengusung Anies Baswedan sebagai calon gubernur.

Pandangan tersebut disampaikan oleh Adi Prayitno, seorang pengamat politik dari Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Dia menyatakan bahwa koalisi antara PKS dan PDI Perjuangan merupakan hal yang menarik dan jarang terjadi.

Menurutnya, jika keduanya memiliki visi dan misi yang sama untuk meraih kemenangan di Pilkada Jakarta 2024, maka Anies Baswedan adalah sosok yang tepat untuk didukung oleh kedua partai.

“Di satu sisi, secara teoritis jika PDIP mendukung Anies tentu saja sangat menarik. Ini bisa menggabungkan minyak dan air. Secara teoritis, ini bisa menjadi kombinasi yang saling melengkapi,” ungkapnya seperti dilansir dari Bisnis, Selasa (4/6/2024).

Adi menegaskan, apabila PDIP berkoalisi dengan PKS untuk Pilkada Jakarta, maka keduanya akan saling melengkapi. Di satu sisi, partai berlambang banteng dapat berperan dalam menggaet pemilih berbasis nasionalis, sementara PKS bisa mendapatkan dukungan dari pemilih berbasis Islam.

“PDIP bisa menarik pemilih berbasis nasionalis dan Anies serta PKS (mendapatkan dukungan) dari basis pemilih yang lebih cenderung ke Islam,” tegasnya. (bs-sam/fajar)