portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Partai NasDem Mendukung Usulan Amandemen UUD 1945

Partai NasDem Mendukung Usulan Amandemen UUD 1945

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Ketua DPP Partai NasDem Taufik Basari menyatakan bahwa partainya mendukung usulan amandemen Undang-Undang Dasar (UUD) Tahun 1945, namun perlu dilakukan evaluasi terlebih dahulu terhadap pelaksanaan konstitusi selama ini.

“Fraksi Partai NasDem pada dasarnya mendukung amandemen Undang-Undang Dasar 1945, namun kami berharap agar evaluasi menyeluruh terlebih dahulu dilakukan untuk melihat apa yang diperlukan dalam melakukan amandemen tersebut,” katanya setelah kunjungan pimpinan MPR RI ke NasDem Tower di Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan bahwa Partai NasDem berpendapat bahwa evaluasi menyeluruh perlu dilakukan untuk menentukan hal-hal apa yang diperlukan dalam melakukan amandemen tersebut.

“Tidak hanya sekadar amandemen parsial, tetapi amandemen yang terbatas,” ujar Tobas, yang juga merupakan Ketua Fraksi Partai NasDem MPR RI.

Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh, tambah Tobas, berharap agar MPR RI segera mensosialisasikan ide amandemen UUD 1945 tersebut sehingga kebutuhan dan substansi amandemen menjadi diskusi publik, bukan hanya terbatas pada elit politik.

“Sehingga perlu ada momentum konstitusional. Masyarakat pun harus merasa ‘Oh, kita ingin memperbaiki kehidupan bangsa kita, ingin memperbaiki demokrasi kita,’ yang kemungkinan akan diwujudkan melalui amandemen,” jelasnya.

Surya Paloh dan Partai NasDem, tambahnya, menganggap bahwa amandemen UUD 1945 bukan hal yang tabu karena konstitusi memberikan kewenangan kepada MPR untuk melakukan amandemen tersebut.