portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Andi Rio Padjalangi Mempertimbangkan 6 Figur Pendamping sebagai Calon Tunggal dari Partai Golkar di Pilkada Bone.

Andi Rio Padjalangi Mempertimbangkan 6 Figur Pendamping sebagai Calon Tunggal dari Partai Golkar di Pilkada Bone.

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar, Andi Rio Idris Padjalangi akan berpartisipasi dalam Pilkada Bone 2024.

Dia telah mendaftar di delapan partai politik, termasuk Demokrat, NasDem, PDI Perjuangan, PAN, Gerindra, PKB, Hanura, PPP, dan tentunya Golkar.

Diperlukan sembilan kursi untuk dapat maju dalam Pilkada Bone. Tidak ada satu pun partai yang dapat mencalonkan sendiri tanpa koalisi di Bone.

Hal yang sama berlaku untuk Golkar yang hanya memperoleh enam kursi dalam Pileg 2024. Oleh karena itu, dia masih memerlukan tiga kursi lagi untuk dapat berkompetisi dalam Pilkada Bone.

Karena itu, mantan Bupati Bone, Andi Fahsar Mahdin Padjalangi telah mengikuti uji kepatutan di Partai Demokrat yang dilaksanakan di Hotel Claro Makassar, pada malam Minggu, 2 Juni 2024.

Partai Demokrat sendiri memiliki empat kursi di Bone. Apabila Golkar dan Demokrat berkoalisi, total kursi yang mereka miliki adalah sepuluh.

“Demokrat memiliki empat kursi, Golkar memiliki enam. Lebih dari cukup. Biarlah Partai Demokrat yang menilai saya. Saya yakin Demokrat sudah memberikan penilaian terhadap saya,” ujar Andi Rio setelah mengikuti uji kepatutan di Demokrat.

Diketahui, DPP Golkar hanya memberikan satu surat rekomendasi kepada kader mereka di Bone setelah melakukan survei.

“Saya adalah satu-satunya kader Golkar di Bone. Diberi tugas untuk melakukan sosialisasi dan membangun komunikasi dengan partai lain karena Golkar hanya memiliki enam kursi di Bone. Kita masih perlu mencari tiga kursi lagi. Tidak mungkin bagi satu partai pun di Bone untuk mencalonkan sendiri,” ungkapnya.

Sebagai anggota keluarga petahana, secara politis, Andi Rio dapat memperoleh dukungan suara dari seluruh wilayah di Bone.