portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Bocoran Survei SMRC: Persaingan IAS dan Danny Pomanto dalam Pilgub Sulsel

Bocoran Survei SMRC: Persaingan IAS dan Danny Pomanto dalam Pilgub Sulsel

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Hasil survei Saiful Mujani Research Centre (SMRC) yang dilakukan pada tanggal 24 April hingga 5 Mei 2024, yang mencatat preferensi pemilih Sulawesi Selatan telah bocor ke publik.

Sejak Selasa, 27 Mei 2024, potongan slide survei tersebut telah tersebar di berbagai grup WhatsApp warga Sulsel dan beberapa media sosial seperti Instagram, Facebook, dan TikTok.

Bocoran tersebut mengungkapkan elektabilitas dalam kontes head to head antara dua kandidat bakal calon gubernur Sulsel yaitu dari Golkar, Ilham Arief Sirajuddin (iAS), dan Moh Ramdhan Pomanto (Danny Pomanto).

Dalam skenario head to head, elektabilitas IAS mencapai 45,3 persen, sedangkan Danny Pomanto mencapai 9,7 persen. Sementara itu, 45 persen warga Sulsel masih belum menentukan pilihan mereka.

Sebelumnya, juga beredar potongan survei serupa yang mencantumkan elektabilitas petahana, Andi Sudirman Sulaiman (ASS), jika berhadapan secara langsung dengan Ilham Arief Sirajuddin (IAS) yang setara.

ASS, yang merupakan mantan gubernur Sulsel, mencatatkan elektabilitas sebesar 33,8%, sedangkan IAS, yang merupakan mantan wali kota Makassar dua periode, mencatatkan elektabilitas sebesar 31,0 persen.

Toleransi kesalahan (margin of error) dari survei ini sebesar 2,9 persen.

Dalam simulasi tiga pasangan calon, pasangan Andi Sudirman Sulaiman (ASS) dengan politisi Nasdem, Fatmawati Rusdi, kembali memperoleh suara tertinggi yaitu 31,9 persen.

Di posisi kedua, pasangan Ilham Arief Sirajuddin-Adnan Purichta Ichsan dengan perolehan 31,2 persen.

Sementara pasangan Danny Pomanto-Andi Iwan Darmawan Aras memperoleh 9,7 persen. Sementara itu, elektorat yang masih belum menentukan pilihan mereka sebesar 27,2 persen.