portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Peran Penting Jokowi dalam Pemerintahan Prabowo Gibran Mendatang akan Memberikan Kepercayaan Dunia Internasional

Peran Penting Jokowi dalam Pemerintahan Prabowo Gibran Mendatang akan Memberikan Kepercayaan Dunia Internasional

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Pengamat politik dan peneliti senior Surabaya Survei Center (SSC) Surokim Abdussalam mendukung rencana Presiden terpilih Prabowo Subianto untuk menempatkan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai penasihat di pemerintahannya setelah purna tugas.

Surokim menyatakan bahwa dunia internasional akan memberikan kepercayaan kepada Prabowo, yang didampingi oleh Gibran Rakabuming Raka sebagai wakil presiden, terutama dalam hal investasi yang masuk ke Indonesia karena pembangunan dalam negeri yang berkelanjutan.

“Itu akan memperkuat kepercayaan, terutama kepercayaan publik, tidak hanya di masyarakat Indonesia tetapi juga di masyarakat internasional. Selama ini, pergantian pemerintah dan rezim terkesan tidak memiliki keberlanjutan,” ujar Surokim pada Jumat (24/5/2024).

Surokim menambahkan bahwa Presiden Jokowi, yang telah memimpin Indonesia selama dua periode, seharusnya ditempatkan di posisi yang sesuai agar dapat meningkatkan kepercayaan global terhadap kelangsungan pemerintahan, sesuai dengan janji kampanye Prabowo.

“Penempatan orang-orang yang memiliki pengalaman dalam memimpin negara atau lembaga adalah penting untuk memperkuat kepercayaan publik, terutama dari masyarakat internasional, bahwa pembangunan di Indonesia adalah hal yang penting dan perhatian terhadap kelangsungannya,” ujarnya.

Surokim juga menyatakan bahwa pasangan Prabowo-Gibran pasti membutuhkan masukan mengenai pekerjaan pemerintahan yang masih harus diselesaikan dan diperbaiki dari masa pemerintahan Jokowi.