portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Calon Kepala Daerah Telah Mengikuti Fit and Proper Test di Partai Demokrat pada Hari Pertama, Mulai dari Darmawangsa Muin hingga Johanis Bassang

Calon Kepala Daerah Telah Mengikuti Fit and Proper Test di Partai Demokrat pada Hari Pertama, Mulai dari Darmawangsa Muin hingga Johanis Bassang

Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tinggal menghitung bulan. Partai Demokrat Sulawesi Selatan (Sulsel) menggelar uji kelayakan dan kepatutan untuk bakal calon bupati dan wakil bupati Pilkada Serentak 2024. Di hari pertama, tercatat ada 15 kandidat calon bupati maupun wakil bupati yang diuji kelayakan oleh Demokrat di Hotel Claro Makassar, Rabu (22/5/2024).

Sederet figur yang ikut fit and proper test ini di antaranya, bacalon Bupati Toraja Utara Yohanis Bassang atau Ombas, kandidat Pilkada Bantaeng Nurkanita Kahfi, hingga Suaib Mansur dari Luwu Utara (Lutra).

Kepala Bakomstra Demokrat Sulsel, Moch. Hasymi Ibrahim mengatakan, uji kelaikan dan kepatutan ini sebagai salah satu syarat wajib untuk mengendarai partai berlambang bintang mercy di Pilkada 2024. “Tidak mungkin ada yang diusung tanpa melalui prosedur fit ini. Kita memang mencari yang patut dan pantas untuk diusung, sesuai slogan kita politik beradab dan solutif,” kata Moch. Hasymi kepada Majesty di Hotel Claro.

Moch. Hasymi menyebut, tahapan ini akan diikuti 100 lebih kandidat yang telah mengembalikan formulir pendaftaran pada desk pilkada Demokrat di kabupaten-kota. Para panelis yang menguji kandidat berasal dari internal Demokrat Sulsel. Dua di antaranya yang terlihat di lokasi adalah Wakil Ketua Demokrat Sulsel Zulkarnain Paturuni dan juga Ian Latanro.

Dari pantauan di lokasi, setiap kandidat diuji kelaikan dan kepatutannya kurang-lebih 1 jam. Penyelenggara menyiapkan 4 ruangan untuk mewawancarai kandidat.