portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

PDIP Membuka Peluang Mendukung Anies di Pilkada Jakarta, Partai Demokrat Menutup Kemungkinan

PDIP Membuka Peluang Mendukung Anies di Pilkada Jakarta, Partai Demokrat Menutup Kemungkinan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Peluang Anies Baswedan untuk maju di Pilkada Jakarta 2024 cukup terbuka. Sejumlah partai politik, termasuk Partai NasDem siap mengusungnya seperti di Pilpres kemarin.

Partai NasDem secara tegas menyatakan akan kembali mengusung mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu di Pilkada Jakarta 2024 kali ini.

Sementara itu, Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak menyebut, partainya tak menutup kemungkinan mengusung Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur (bacagub) di Pilkada Jakarta 2024.

“Tentu (ada peluang dari PDIP untuk Anies). Tergantung penilaian DPP (dewan pimpinan pusat), dan rekam jejak calon tersebut,” ucap Gilbert kepada wartawan, belum lama ini.

Gilbert menyampaikan, DPD PDIP DKI Jakarta mempersilakan Anies mendaftar sebagai bakal calon gubernur (bacagub) DKI Jakarta melalui partai berlambang banteng tersebut.

Pasalnya, PDIP terbuka lebar bagi siapa pun yang ingin mendaftar sebagai bacagub DKI Jakarta.

“Kalau memang Bung Anies berniat maju (Pilkada) lewat PDIP, sekarang saatnya pendaftaran di DPD. Sistemnya terbuka, silakan mendaftar,” kata Gilbert.

Kendati demikian, proses penjaringan bacagub dan bacawagub DKI Jakarta melalui PDIP masih dalam tahap awal.

Hal berbeda diutarakan Kepala Bakomstra sekaligus Juru Bicara Partai Demokrat Herzaky Mahendra Putra.

Menurutnya, Partai Demokrat enggan menggunakan jasa mantan capres nomor urut 01 itu.

Partai Demokrat telah menutup pintu bagi Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024. Partai yang dipimpin AHY ini hampir pasti tidak akan mengusung Anies Baswedan.