portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Kepemimpinan IAS yang Sukses di Makassar Selama Dua Periode, Termasuk dalam Nominasi Wali Kota Terbaik Dunia

Kepemimpinan IAS yang Sukses di Makassar Selama Dua Periode, Termasuk dalam Nominasi Wali Kota Terbaik Dunia

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Provinsi Sulawesi Selatan dengan semua tugas rumah dan sedikit masalah di dalamnya membutuhkan seorang pemimpin yang memiliki banyak pengalaman dan kemampuan di atas rata-rata.

Salah satu kandidat bakal calon Gubernur Sulawesi Selatan yang memenuhi kriteria tersebut adalah Politisi Partai Golkar, Ilham Arief Sirajuddin (IAS).

IAS telah mencatat banyak sejarah dengan berbagai prestasi ketika menjabat sebagai wali kota Makassar selama dua periode tahun 2004-2014.

Pernah berhasil meningkatkan pertumbuhan ekonomi Makassar hingga mencapai angka dua digit (11%) pada tahun 2013, mengalahkan Tiongkok.

IAS juga pernah dinominasikan sebagai wali kota terbaik dunia tahun 2014 versi worldmayor.com, bersama wali kota Bandung Ridwan Kamil dan wali kota Surabaya Tri Rismahirini pada saat itu.

Mereka dinominasikan sebagai wakil dari benua Asia pada saat itu.

IAS juga telah dinobatkan sebagai salah satu dari 10 Tokoh TEMPO 2008 bersama dengan 9 kepala daerah lainnya.

Prestasinya yang luar biasa seperti mengubah lapangan Karebosi menjadi lapangan sepak bola pertama di Indonesia yang memiliki basement pusat perbelanjaan modern tanpa mengganggu APBD sama sekali.

Dalam suatu kesempatan, IAS menegaskan bahwa pemilihan kepala daerah serentak mendatang tidak hanya tentang kekuasaan.

Lebih dari itu, pemilihan tersebut harus diartikan sebagai kesempatan untuk menemukan pemimpin yang dapat menciptakan kebaikan.

“Izin selekasnya pilkada ini memang banyak mengajarkan nilai, terutama tentang nilai kemanfaatan. Yang paling bermanfaat bagi orang lain adalah yang terbaik,” ujar IAS kepada wartawan ketika berada di makam ayah dan ibunya, H Arief Sirajuddin-Hj St Djohra, di Pekuburan Keluarga Keluarga Besar Dato Ripanggentungan, Tamarunang, Gowa, Rabu, 10 April 2024 lalu.