portalberitamerdeka.com portal berisi berita harian di indonesia termasuk geo politik seperti paslon prabowo subianto
Berita  

Pengusung Anies di Pemilihan Gubernur Jakarta Harus Bisa Berada di Depan Tuhan

Pengusung Anies di Pemilihan Gubernur Jakarta Harus Bisa Berada di Depan Tuhan

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — Sejak Anies Kalah Pilpres 2024, muncul beberapa usulan untuk tetap menyediakan panggung buat Anies Baswedan dalam konstelasi politik nasional. Beberapa di antaranya mendorong Anies Baswedan mencalonkan diri sebagai calon gubernur DKI Jakarta.

Gerakan ini sebenarnya baik jika para pengusung ini bisa memastikan Anies tidak kalah lagi pada level yang lebih rendah, artinya para pengusung Anies cagub ini harus bisa mendahului Tuhan memastikan Anies menang di Pilgub DKI, mengapa?

Diakui atau tidak, Anies telah menjadi ikon sekaligus pemimpin perubahan, kemenangan Anies diartikan sebagai kemenangan gerakan perubahan, sebaliknya, kekalahan Anies adalah cara mudah mengubur gerakan perubahan.

Bahkan kemenangan Anies pun tidak serta merta mendorong gerakan perubahan makin kuat karena levelnya turun dari nasional ke lokal.

Jakarta 2024 bukan lagi ibu kota negara tapi hanya menjadi salah satu provinsi di Indonesia yang diberikan gelar khusus.

Anies akan kerepotan memelihara dan mendorong gerakan perubahan di Papua, Maluku, Sulawesi, Kalimantan, Sumatera bahkan Jawa selain Jakarta.

Jika Anies kalah, maka selesai sudahlah gerakan perubahan itu kecuali jika kedepan ditemukan sosok baru pengganti Anies.

Gerakan perubahan memang tak seharusnya dipandang sebagai pengultusan apalagi membangun personifikasi tetapi gerakan perubahan harus dimaknai sebagai sebuah gerakan bersama tanpa ketergantungan pada satu figur saja.

Sehebat-hebatnya Pele, Brasil harus tetap juara dunia meskipun tanpa Pele lagi, sehebat-hebatnya Maradona, Argentina tetap harus bisa juara dunia lagi tanpa harus menghadirkan Maradona. Sehebat-hebatnya Pele dan Maradona, tim mereka tak akan bisa juara jika tak ditopang Kiper, Bek, Gelandang dan striker lainnya yang tangguh.